Terdepan Dalam Memberdayakan Anak Hingga Pelosok Desa

Tantangan Pemuda Islam Di Masa Depan


Oleh Ustadz Subhan Salim

Menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009, Pemuda itu adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki atau memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangannya yang berada di usia antara 16 sampai dengan 30 tahun. Pemuda mempunyai posisi penting dalam pandangan Islam, karena merekalah yang akan meneruskan keberlangsungan Islam di masa depan. 


Dalam Surat Al-Kahfi ayat 13.

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًى 

Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.

Dalam surat Al-Kahfi ini dikisahkan ada sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah, mereka menolak perintah rajanya untuk menyembah Tuhan selain Allah, kemudian mereka diburu unntuk dibunuh. Pemuda-pemuda tersebut melarikan diri pergi ke suatu gua untuk menghindari kejaran Raja Dzalim yang akan membunuh mereka. 

Dengan kuasa Allah pemuda-pemuda tersebut tidur di Goa sampai 309 tahun, ketika bangun, ternyata zaman sudah berubah. Raja yang dzalim sudah tiada,dan kondisi masyrakat sudah jauh berbeda tetapi  mereka masih hidup dalam keimanan. Kisah mereka ini diabadikan Al-Qur'an.  


Dari kisah di atas kita bisa ambil pelajaran bahwa dasar dari segala sesuatu adalah “Iman.” Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah iman, karena dengan iman yang kuat kita akan bisa melewati segala rintangan apapun, begitupun dengan melalui rintangan pemuda islam ke depan.

Dengan iman yang kuat kita akan diberi petunjuk oleh Allah, kalau petunjuk Allah sudah berhasil kita dapat tantangan seberat apapun, kehidupan seperti apapun, dan hidup di zaman apapun, pasti kita akan sukses menghadapinya karena diberi petunjuk oleh zat yang Maha Pemberi Petunjuk. 

Dengan kondisi era globalisai dan modernisai saat ini berbagai pengaruh negatif kemudian bermunculan mulai dari penyalahgunaan narkoba, sex bebas, pemikiran sekuler, liberalisme dan bentuk negatif lainya dengan sasaran pemuda islam, maka dengan Iman yang kuat Insya Allah kita bisa menangkis semuanya dengan petunjuk Allah.


Akhirnya mari kita berdoa agar Allah beri kita petunjuk supaya kita sukses melewati  dunia ini dan selamat di akhirat kelak.....Amin.

(Disampaikan dalam pembekalan santri muslimah Asrama Tahfidz YMI di Ciputat, Tangerang Selatan)

0 Response to "Tantangan Pemuda Islam Di Masa Depan"

Post a Comment