Tanam Padi Bareng Santri YMI Cabang Boyolali


Pondok Pesantren Al-Hikmah Krajan, YMI Cabang Boyolali hari ahad (21/2) mendapat barokah. Ada garapan sawah gratis dari donatur dan simpatisan. "Dalam sekejap, selama dua hari (ahad hingga senin), garapan yang cukup luas itu pun beres," tutur Ketua YMI Boyolali Ngizan.


Ro'an tanam padi bareng santri Ponpes Al-Hikmah Krajan YMI Cabang Boyolali ini jadi kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak asuh dan santri. Ro'an adalah tradisi unik pesantren. Ro'an berawal dari kata tabarrukan yang disingkat menjadi rukan, kemudian menjadi ro'an.

Ro'an adalah hal yang melekat pada jati diri pesantren. Sudah menjadi adat. Setiap anak dibebani untuk ro'an, yaitu membersihkan. Paling minim adalah membersihkan kamarnya sendiri.


Hari ahad pagi itu, para Ustadz dibantu bapak wali santri dengan penuh antusias terjun ke sawah, mengolah sawah hingga siap ditanami. Beberapa santri putra dikerahkan untuk "ndaut" bibit padi dari beberapa tempat.

"Ada pemberian dari beberapa petani yang punya sisa bibit padi, karena kita tidak mempersiapkan bibit sebelumnya," jelas Ngizan.

Setelah selesai, dilanjutkan oleh para ibu wali yang menanam bibit padi. "Sretttt.... dalam waktu singkat, sawah pun telah tertanami," ujarnya.


Terimakasih para simpatisan dalam penggarapan sawah ini. Terimakasih para wali santri yang begitu antusias. Jazakumullah.

"Harapan besar kami adalah semoga kelak bisa panen dengan hasil maksimal yang semua ini untuk anak-anak kita dan santri-santri kita," tutup Ngizan.#

Bersama YMI, Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa. Ayo Jadi Orang Tua Asuh. CP. 0812.881.50.526 (WA)

0 Response to "Tanam Padi Bareng Santri YMI Cabang Boyolali"

Post a comment