Menyongsong Bonus Demografi, YMI Gelar Kajian "Peran Pemuda dalam Mengemban Risalah Islam"


Hari ahad (25/10), keluarga besar YMI kembali bersilaturahim di virtual meeting, lewat kajian bulanan. Kali ini mengangkat tema "Peran Pemuda dalam Mengemban Risalah Islam"

Sesaat lagi (diperkirakan tahun 2023 atau 2024), Indonesia akan memasuki bonus demografi. Ini adalah momentum emas bangsa Indonesia, dimana bonus demografi berarti penduduk usia produktif (usia 15 sampai 64 tahun).


YMI pun menggelar kajian untuk para santri, Gen Muda YMI dan anak asuh (khususnya yang sudah besar). "Ini untuk persiapan kita menghadapi tantangan globalisasi kedepan, dan era milenial yang perlu disikapi dengan tepat," ujar Ketua Gen Muda YMI Hamidah Nur Azizah.

Bila bonus demografi ini dimanfaatkan Indonesia dengan baik, maka Indonesia akan jadi Negara maju. Ini dialami Jepang saat mengalami bonus demografi tahun 1950an. Kala itu, Jepang berhasil memanfaatkan momentum itu untuk menggenjot produktifitasnya. Hasilnya...sekarang kita saksikan bersama. 

Kehebatan Jepang dari berbagai aspek sangat dominan. Aspek ekonomi, teknologi, gedung bertingkat, keindahan pariwisata, pertanian, hasil perkebunan dan buah-buahan. Jepang sangat luar biasa.


Di titik inilah YMI berupaya menggenjot program-program unggulannya untuk anak asuh dan para santri. Agar mereka memiliki semangat untuk berkarya, siap berkiprah diberbagai bidang dan mengisi pos-pos penting yang bermanfaat bagi masyarakat.

Yup... mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus sedini mungkin membuat design untuk anak-anak muda di negeri ini. Karena saatnya nanti, mereka akan mendominasi secara jumlah di negeri ini (dengan bonus demografi tersebut). 

Mereka harus dirancang menjadi pemuda yang kuat secara keimanan, tangguh dan siap berkompetisi di dunia global. Agar mereka sanggup menjadi pengemban risalah Islam, dan tidak menjadi "buih" di negerinya sendiri.#

Bersama Gen Muda YMI, Bangun Pemimpin Indonesia dari Desa.

0 Response to "Menyongsong Bonus Demografi, YMI Gelar Kajian "Peran Pemuda dalam Mengemban Risalah Islam""

Post a comment