YMI Luncurkan 10 Program Ramadhan di Masa Wabah COVID-19


Mengusung tema ”Tetap Berkiprah di Masa Wabah” dan ”Ramadhan Penuh Pesona Meski di Rumah Saja” YMI luncurkan 10 Program Unggulan selama Ramadhan dan Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini dia program-programnya.....

1. Bantuan untuk PUSKESMAS Desa
YMI menggalang dana bersama donatur dan para orang tua asuh untuk menyalurkan bantuan berupa kebutuhan penanganan korban COVID-19 untuk PUSKESMAS di Desa Binaan YMI di Sumatera, Jawa dan Lombok.

2. Crisis Center YMI di Desa Binaan
Membuka peluang donasi untuk penyediaan kebutuhan penanganan COVID-19 bagi warga desa binaan. Rumah Qur’an YMI, Madin (Madrasah Diniyah) dan Pondok Pesantren yang bermitra dengan YMI di Sumatera, Jawa dan Lombok akan difungsikan sebagai Pusat Manajeman Krisis, untuk pengumpulan dan penyaluran masker, sabun, handsanitizer dan kebutuhan lain selama masa wabah COVID.

3. Bukber Online Keluarga Besar YMI
(Para Orang Tua Asuh, Donatur, Pengurus, Guru Sekolah Qur’an dan Anak Asuh)
Hari/Tanggal Ahad, 17 Ramadhan 1441 / 10 Mei 2020, Pukul 16.00 WIB – Adzan Maghrib di daerah masing-masing. Berlokasi di masing-masing Rumah, melalui Virtual Meeting (Zoom atau Aplikasi lainnya)

Bentuk acaranya adalah Bukber dari Lombok hingga Sumatera Selatan. Gus Miftah (YMI Lombok Utara) memberikan tausyiah pertama, saat azan maghrib di Lombok silahkan bukber terlebih dahulu dan boleh leave meeting, lalu dilanjut tausiyah oleh Ustadz Ngizan (YMI Boyolali), saat adzan maghrib di Boyolali silahkan YMI Boyolali bukber terlebih dahulu dan boleh leave meeting. Lanjut Tausiyah oleh Ketua Umum YMI, dan Doa oleh Ustadz Subhan Salim (YMI Cirebon). Saat azan maghrib di Jakarta dan sekitarnya, acara selesai.

4. Lomba Hafalan Al-Qur’an (Online Meeting)
Diikuti oleh Anak Asuh YMI di Sumatera, Jawa hingga Lombok. Pada babak Awal, Hafalan Al-Qur’an yang direkam video adalah (pilih salah satu).
# Surat Al-Baqarah ayat 183 – 185.
# Surat An-Naba ayat 1 – selesai
# Surat Adh-Dhuha ayat 1 – selesai.
Lalu dikirim ke panitia. Pada babak Final akan memperlombakan maksimal 5 peserta dihadapan Dewan Juri lewat Virtual Meeting. Hafalan Al-Qur’an yang diuji adalah Surat Al-Baqarah ayat 183 – 185 dan seluruh surat dalam Juz Amma.
Dalam babak final, peserta akan diberikan 3 pertanyaan yaitu dibacakan salah satu ayat Al-Qur’an, lalu peserta melanjutkan 3 ayat setelahnya. Tidak ada babak rebutan. Seluruh pengurus dan anak asuh dihimbau menonton melalui virtual meeting.

Waktu Pelaksanaan :
Mulai menghafal, murajaah dan pemantauan dari cabang YMI tanggal 20 April 2020 – 1 Mei 2020
Perekaman Video hafalan Al-Qur’an Anak Asuh tanggal 2 – 4 Mei 2020
Pengiriman Video ke Juri tanggal 5 – 6 Mei 2020
Masa Penilaian oleh Dewan Juri tanggal 7 – 9 Mei 2020
Pengumuman Peserta yang masuk babak Final tanggal 10 Mei 2020
BABAK FINAL (Virtual Meeting) tanggal 13 Mei 2020
Pengumuman Pemenang tanggal 15 Mei 2020

5. Lomba Hafalan Doa Qunut Nazilah (Online Meeting)
Diikuti oleh Anak Asuh YMI di Sumatera, Jawa hingga Lombok. Hafalan Doa yang direkam video adalah Qunut Nazilah menghadapi wabah penyakit.

Waktu Pelaksanaan :
Mulai menghafal, murajaah dan pemantauan dari cabang YMI tanggal 20 April 2020 – 1 Mei 2020
Perekaman Video hafalan Do’a Anak Asuh tanggal 2 – 4 Mei 2020
Pengiriman Video ke Juri tanggal 5 – 6 Mei 2020
Masa Penilaian oleh Dewan Juri tanggal 7 – 9 Mei 2020
Pengumuman Pemenang tanggal 15 Mei 2020

6. Lomba Foto Anak Asuh Bukber di Desa
Membuat foto menarik tentang aktifitas anak asuh menjelang berbuka puasa (misalnya masak bersama Ibu, menyiapkan tempat bukber, hingga bukber, shalat tarawih berjamaah, tadarus dan lain sebagainya). Maksimal 5 Foto, dikirim ke Medsos (FB YMI) dan Grup WA YMI. Dalam foto (diutamakan) terlihat logo YMI. Setiap foto dibuat identitasnya, tercantum nama anak asuh dan cabang yang bersangkutan. Dapat dilengkapi juga dengan video. Di tag ke FB YMI.

Waktu Pelaksanaan tanggal 10 Ramadhan 1441 / 3 Mei 2020.
Publikasi Foto di Medsos tanggal 4 – 8 Mei 2020.
Pengumuman Pemenang tanggal 10 Mei 2020.


7. Syiar Kajian Islam melalui Speaker Masjid dan Rumah Qur’an YMI
Cabang YMI di Sumatera, Jawa hingga Lombok menghidupkan speaker di Rumah Qur’an YMI, serta Masjid dan Pondok Pesantren yang bermitra dengan YMI. Speaker dinyalakan disaat-saat tertentu (misalnya jelang maghrib) berisi Tilawah Al-Qur’an, Shalawat Nabi, Ceramah-ceramah, dan anjuran untuk jaga jarak, menggunakan masker (manfaat dan kentungannya).

8. Kajian Ramadhan dan Bukber Online GEN MUDA YMI
Tarhib Ramadhan dan Silaturahim Akbar Gen Muda YMI menjelang Bukber. Diadakan secara online meeting.

9. Lomba Foto #WFH
Keluarga besar YMI (para orang tua asuh, donatur, pengurus, guru dan anak asuh) membuat video menarik tentang aktifitas selama di rumah (misalnya suami sedang mencuci piring lalu digodain istri, atau lari-lari keliling sudut kamar dalam rangka olahraga, atau aktifitas menarik lainnya). Durasi Video tidak lebih dari 3 menit.

10. Hadiah Lebaran Anak Asuh
Untuk beli baju lebaran anak asuh YMI, Rp.150.000 per anak, dapat disalurkan melalui rekening Bank Mandiri no.103.00.04968810 atas nama Munashoroh Indonesia.
  
Bersama YMI
Tetap Berkiprah di masa Wabah
Ramadhan Penuh Pesona meski di Rumah Saja


0 Response to "YMI Luncurkan 10 Program Ramadhan di Masa Wabah COVID-19"

Post a comment