Tahsin - Tahfidz Online, Agar Kita Tak Berhenti Berkontribusi

Di masa wabah, orang-orang "dipaksa" hidup di rumah. Pergerakan terbatas. Mobilitas makin sempit. Rencana-rencana terganggu. 

Syukurlah, karena Allah SWT mentakdirkan wabah COVID-19 ditengah peradaban komunikasi yang canggih. Modern. Teknologi Informasi telah hadir untuk memudahkan. Whats App, Video Call, Virtual Meeting, bisa jadi sarana melanjutkan kiprah agar tetap berkarya.

Jangan mati gaya. Ini intinya. Memang banyak program yang tak bisa kita kerjakan saat ini. Tapi banyak program lain yang tetap bisa kita lakukan, memanfaatkan Teknologi untuk tetap memberi manfaat pada orang lain.

Itulah mengapa program-program Yayasan, Perusahaan, Sekolah, harus agile (lentur). Tak boleh kaku, harus mengerjakan ini dan itu. 

Misalnya, pabrik garmen yang biasanya memproduksi pakaian bisa bergeser memproduksi masker atau APD (Alat Pelindung Diri / Baju Hazmat). Industri yang line-productionnya mesin dan alat berat, mulailah memproduksi Alat Ventilator.

Industri kimia memperbanyak produksi hand sanitizer dan vitamin. Perhotelan menyediakan kamar-kamarnya untuk ruang isolasi dan karantina mandiri. Tidak perlu merumahkan karyawannya.

Lentur. Program Yayasan juga harus begitu. Ketika Bukber tak bisa pertemuan secara fisik, masih bisa bikin Bukber Online. Kirim uangnya ke peserta bukber via transfer online, masing-masing peserta pasang aplikasi meeting online (ada zoom, google hangouts, skype, dan lain-lain). Lalu mulailah acaranya. Pembukaan, Tilawah, Tausiyah. Masing-masing bisa melihat wajah saudaranya dari balik layar laptop atau HP.

Tahsin Al-Qur'an juga masih bisa dikerjakan. Murid membaca Al-Qur'an di depan HP nya, Guru Tahsin memperbaiki bacaan sesuai tajwid dan makhroj. Lomba Hafalan Al-Qur'an, setor Hafalan Al-Qur'an, Kajian Islam hingga Rapat-rapat bisa terus dilakukan. Intinya, jangan mundur dari berkontribusi bro and sis....

Jangan berhenti meski harus berkontribusi dari rumah. Jangan mati sebelum mati yang sesungguhnya. Mati dalam arti tak bermanfaat hidupnya untuk orang lain.

YMI (Yayasan Munashoroh Indonesia) menggelar rapat virtual meeting hingga Lomba-lomba Hafalan Al-Qur'an, Hafalan Doa Qunut Nazilah, Bukber Online, Lomba Foto Bukber di masing-masing keluarga, Lomba Video WFH (Work From Home), Kajian Ramadhan. Wah, masih banyak lagi deh....

Yok.... Aku nantikan aksimu di masa wabah ini, yang katanya mungkin berlangsung hingga akhir Juli 2020 (Berdasarkan kajian yang dipaparkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19). Wow....

Dan...tunggu juga aksi-aksi program Ramadhan YMI di masa wabah COVID-19 ini. Ayo terus berkarya dan berkontribusi.

Bersama YMI
Tetap Berkiprah di Masa Wabah
Bantu Desa Cegah Corona
CP. 081288150526 (WA)

0 Response to "Tahsin - Tahfidz Online, Agar Kita Tak Berhenti Berkontribusi"

Post a comment