Gelar Rapim YMI Hadapi Wabah Corona Masuk Desa, Ini 3 Instruksi Ketua Umum YMI

Rapat Pimpinan (Rapim) YMI digelar secara virtual meeting hari ahad (12/4) kemarin. Dihadiri Ketua Umum YMI dan Ketua-ketua cabang YMI, berikut cuplikan arahan Ketua Umum YMI pada Rapim Virtual yang berlangsung selama 1,5 jam.

Assalamu'alaikum wr.wb
Para Ketua Cabang YMI, Tim Fundraising YMI serta Pimpinan Gen Muda YMI yang dirahmati Allah SWT.

Kondisi Indonesia saat ini sedang dilanda wabah pandemi COVID-19. Sudah mewabah sejak sebulan di Ibukota Jakarta, dan kini diperkirakan akan menjangkiti ke desa-desa sehingga desa-desa di cabang YMI harus siap siaga.

Pandemi di Indonesia ini akan terjadi dalam waktu yang lama bila kita tidak disiplin dan komitmen mencegahnya.

Akibat wabah ini, banyak perusahaan tutup dan merumahkan karyawannya. Sejumlah warga kelas menengah terkena imbasnya. Tak terkecuali beberapa donatur dan orang tua asuh YMI. Ada yang dikurangi gajinya, ada yang sudah 2 bulan tidak terima gaji, bahkan ada yang di PHK.

Dampak wabah ini sangat terasa bagi YMI, banyak donatur yang sudah tidak berinfaq lagi (sekitar 50%) ke YMI Pusat. Tentu ini kondisi yang harus kita sikapi dengan arif, dan mengubah gaya manajemen kita.

Program YMI harus agile (lentur), tak boleh kaku. Program yang beresiko tinggi terhadap penyebaran virus COVID-19 kita tunda. Kita ganti dengan program bantuan untuk masyarakat desa yang terdampak dan berkurang penghasilannya.

Bentuklah Posko Manajemen Krisis di masing-masing desa binaan YMI. Rumah Qur'an YMI di Sumatera, Jawa hingga Lombok, diganti jadi Crisis Center Penanganan Wabah COVID-19.

Safari Ramadhan Ketua Umum YMI, tahun ini ditiadakan. Buka Puasa Bersama warga desa, diganti jadi Buka Puasa Bersama keluarga di masing-masing rumah. Kita optimalkan aplikasi meeting online dan kecanggihan teknologi modern.

Ada 3 komitmen YMI yang perlu kita dimiliki di masa wabah ini.

1. YMI tidak boleh mati gaya.
Meskipun bekerja dari rumah, setiap pengurus YMI membuat program-program YMI yang kreatif, khususnya program Ramadhan. Manfaatkan kecanggihan teknologi modern.

2. YMI harus hadir di tengah masyarakat desa.
Berkordinasi dengan perangkat desa, birokrasi desa, puskesmas dan berbagai elemen membantu pencegahan penularan COVID-19.

3. YMI menjadi garda terdepan di desa masing-masing.
Membela dan membantu tenaga kesehatan dalam penanganan COVID-19. Jangan sampai ada tenaga kesehatan terdampak COVID-19 yang pemakamannya ditolak di desa binaan YMI.

Semoga Allah SWT melindungi seluruh keluarga besar YMI, baik Pengurus, Guru Sekolah Qur'an, Anak Asuh, Donatur dan Orang Tua Asuh. Insya Allah kita bisa keluar dari wabah ini dengan selamat. #

Wassalamu'alaikum wr.wb

Adhi Azfar
Ketua Umum YMI

0 Response to "Gelar Rapim YMI Hadapi Wabah Corona Masuk Desa, Ini 3 Instruksi Ketua Umum YMI"

Post a comment