7 Butir Hasil RAKERNAS YMI 2020 di Boyolali, Jawa Tengah

RAKERNAS YMI 2020 telah berakhir Ahad (8/3) kemarin. Diselenggarakan selama 3 hari (6-8 Maret 2020) di Boyolali, Jawa Tengah, berikut hasil-hasil RAKERNAS YMI 2020.

1. Arahan Ketua Umum 
A. Bersyukur kepada Allah yang menyatukan hati dan perjuangan kita
Kita berasal dari berbagai daerah, budayanya berbeda, bahkan latar belakang pendidikan agamanya berbeda. Ada NU, Muhammadiyah, Dewan Dakwah, Nahdhatul Wahton dan lain sebagainya. Namun kita tak merasakan perbedaan itu. Karena Allah yang menyatukan hati orang-orang beriman. "Dan Allah menyatukan hati orang beriman, walaupun mereka membelanjakan semua kekayaan di bumi, niscaya tak akan mampu menyatukan hati orang beriman..." (QS. Al-Anfal : 63).

B. Tetap Jaga dan Kuatkan Hubungan dengan Allah
Kunci sukses adalah kuatnya hubungan dengan Allah. Sumber kesuksesan ada pada Allah SWT. Kadang kita tidak tau kenapa ada orang yang mau berinfaq lewat YMI, padahal kita tidak kenal dengan orang itu. Atau ketika kita mengadakan kegiatan, semua kebutuhannya terasa cukup saja. Itu semua karena Allah yang mencukupkannya.

Karena itu kuatkan hubungan dengan Allah, jangan tinggalkan sunnah Rasulullah. Bila suatu ketika kita merasakan ada penurunan pencapaian dana, maka cek apakah Qiyamullail kita mengendor, Tilawah Al-Qur'an kita berkurang atau jarang Shaum Sunnah.

C. Bergerak bersama-sama sampai surga-Nya
Tahun 2020 ini kita ingin terbang tinggi, YMI ingin lebih kokoh memberi manfaat untuk umat. Ibaratnya "Kita mau lepas landas." Kalau helikopter lepas landas, tentu semuanya harus bergerak. Mesinnya bergerak, baling-balingnya bergerak. Jangan ada yang diam berleha-leha.

Kita ingin membersamai YMI ini karena kita yakin YMI akan jadi kendaraan kita menuju surga Allah. Karena itu bergerak bersama-sama hingga Allah tetapkan kehendak-Nya dengan kebahagian abadi di surga kelak.

2. Menetapkan Visi YMI 2020 - 2030, serta Misi, Falsafah Perjuangan, Nilai dan Slogan.
Telah dilakukan bedah visi dalam diskusi para ketua cabang YMI. Hasil Visi Misi tersebut dapat di klik pada link dibawah ini.

3. Merekomendasikan setiap cabang YMI memiliki program Life Skill yang kontinu. 
Khususnya untuk santri dan anak asuh YMI yang usia SMA dan kelas 9 SMP.


4. Setiap cabang YMI dapat membangun sekolah gratis di desa masing-masing. 
Konsep, mekanisme, kurikulum dan berbagai kebutuhan lainnya dapat mengacu ke MTs Munashoroh yang dibangun YMI Pandeglang.

5. Melanjutkan program-program cabang YMI yang telah berjalan
A. Pelatihan Komputer Gratis
B. Sekolah Gratis MTs Munashoroh
C. Pembangunan Rumah Qur'an 
D. Rekreasi Anak Asuh 
E. Ta'lim, Tahfidz dan Pembinaan Aqidah
F. Pelatihan Keterampilan
G. Tim Hadroh dan Marawis
H. Beasiswa Kuliah Anak Asuh
I. Kajian Pekanan dan Bulanan Gen Muda


6. Membangun komunitas usaha di cabang masing-masing sebagai back-up kegiatan YMI.
Dapat mencontoh usaha yang sudah berjalan seperti YMI Pandeglang dengan produk VCO, dan YMI Boyolali dengan usaha Penggilingan Padi dan Ternak Burung Puyuh.

7. Menyepakati Agenda Besar YMI berikutnya
A. Menyusun Kegiatan Ramadhan di setiap cabang YMI yang akan dihadiri Ketua Umum.
B. Menetapkan YMI Lombok Utara sebagai Tuan Rumah Rakernas YMI 2021, dengan alternatif berikutnya yaitu Gen Muda YMI (penyelenggaraan di Jakarta). #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 081288150526 (WA)

0 Response to "7 Butir Hasil RAKERNAS YMI 2020 di Boyolali, Jawa Tengah"

Post a Comment