Jalani Proses Belajar Meski Pahit

Oleh Yanti Afrianti (Gen Muda YMI)

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa menjadi mahasiswa tidaklah mudah. Tugas kuliah menumpuk, kegiatan organisasi padat, penelitian, pengabdian-pengabdian kepada masyarakat dan berbagai macam tugas lain terkadang membuat seorang mahasiswa kelelahan dan bahkan berfikir untuk menyerah.

Belum lagi ketika tiba saatnya menuntaskan tugas akhir yakni skripsi. Bikin stres tujuh keliling. Sering konsultasi ke dosen pembimbing, dosennya kasih hadiah yakni coretan, konsul lagi, coret lagi. 

Yaah... Mungkin itulah mengapa ada banyak mahasiswa yang terlambat dan bahkan menyerah untuk menyelesaikan studinya.  Pengecualian bagi mereka yang memang malas dan bersikap bodo amat yah terhadap kuliahnya.

Namun jika kamu berada di fase ingin menyerah, ada sederet pertimbangan yang perlu kamu pikirkan, terutama orang tuamu yang sudah melekatkan harapan besar di pundakmu.

Inilah pertimbangannya...

Kita adalah harapan keluarga. Menyerah adalah bukti kegagalan. Hargailah orang yang sudah berjuang atas studimu. Jalanilah proses karena proses memang menyakitkan.

Jika ingin menyerah, kamu harus ingat segala harapan orang tuamu. Orang tuamu menginginkan kamu menjadi orang yang berhasil dan sukses di masa yang akan datang. Oleh karena itu, ia membiayai segala kebutuhanmu dan pendidikanmu mulai dari bangku sekolah sampai ke jenjang perkuliahan.

Kita adalah harapan keluarga. Kelak suatu saat nanti kamu akan menjadi orang yang berguna, dan dapat membanggakan orang tua serta keluarga. Jangan pernah kecewakan mereka dengan kata menyerah.

Ingat, menyerah adalah bukti kegagalanmu. Gagal dalam menyelesaikan studi, secara otomatis orang tua, keluarga, teman dan orang-orang terdekatmu akan menjadi kecewa. Jangan kecewakan mereka dengan kata menyerah, melainkan berjuanglah sampai kamu dapat meraih togamu.

Hargailah orang yang sudah berjuang atas studimu kamu tidak akan mungkin bisa sampai sejauh ini tanpa adanya dukungan dari orang-orang terdekatmu. Dukungan dari keluarga, teman, sahabat dan orang-orang terdekat. Dukungan tersebut dapat berupa materi, ilmu, motivasi dan lain sebagainya. 

Hargailah semua itu dengan kata "Saya tidak akan menyerah" dan "Saya pasti bisa"

Jalanilah proses karena proses memang menyakitkan. Semua hal yang kamu alami sekarang ini adalah proses yang akan membentuk kamu dan akan semakin mendewasakanmu. Nikmati proses itu.

Ingat, tidak ada proses yang manis. Semuanya pahit dan menyakitkan. Namun ketika kamu mampu melaluinya, maka kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik. Intinya bersabar dan tetap berusaha. Kamu pasti bisa.

Bagaimana? Kamu masih ingin menyerah? Pikirkanlah kembali. Ayo jalani prosesnya meski pahit.

Untuk motivasi untuk diri dan kawan-kawan mahasiswa.

0 Response to "Jalani Proses Belajar Meski Pahit"

Post a Comment