Sepiring Nasi dan Setengah Butir Telur Menemani Syukuran Khataman Al-Qur'an Anak Asuh YMI Empat Lawang

Anak-anak selalu merayakannya dengan sederhana. Tak ada kemewahan di YMI. Tidak megah. Tak ada yang wah meriah. Tapi substansinya bernilai tinggi dan sangat berkelas.

Khataman Qur'an. Tak banyak yang bisa menyelesaikannya. Apalagi diluar Ramadhan. Apalagi yang masih kecil. Sulistya, masih usia SD. 

Sulis adalah anak asuh YMI Empat Lawang. Tinggal jauh di pelosok desa. Tepatnya di Desa Batu Bidung, Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.

Untuk masuk hingga desa ini, harus melewati jembatan gantung menyebrang sungai Musi. Lalu ketemu perkebunan dan hutan. Ini satu-satunya jalan.

YMI Empat Lawang menggulirkan Program Anak Asuh. Bantuan donasi bulanan dari orang tua asuh dioptimalkan untuk pembinaan dan biaya sekolah anak-anak. Jumlahnya hanya Rp.40.000 per anak per bulan. 

Jumlah ini sedikit? Mungkin iya, tapi YMI hingga saat ini tak pernah kekurangan. Allah SWT yang memberikan segala kecukupan rezeki. 

Salah satu program pembinaan itu adalah pendidikan Al-Qur'an. Mulai dari Iqro, Tahsin, hingga Tahfidz. Sedikitnya ada 54 anak asuh di desa ini. Paginya sekolah di sekolah formal. Sorenya mengaji di Rumah Qur'an YMI.

Khataman Qur'an Sulis di hari yang berkah ini (Jumat, 4/10) ditandai dengan menggelar syukuran. Untuk menyemangati anak-anak asuh YMI Empat Lawang lainnya. Juga memotivasi anak asuh dan santri YMI di seluruh desa binaan di tanah air. Mulai dari Sumatera, Jawa hingga Lombok.

Sulis khatam Tilawah Al-Qur'an di usia 10 tahun. Bila dalam setahun bisa mengkhatamkan Al-Qur'an 10 kali, maka di usia 60 tahun Sulis akan mengkhatamkan Al-Qur'an 500 kali. Mungkin tak terbayang dalam logika kita, bagaimana Imam Abu Hanifah dalam salah satu riwayat disebutkan mengkhatamkan Al-Qur'an 7000 kali (Tarikh Ibn Al-Wardi dan Tahdzib Al-Kamal).

Sepiring nasi dan setengah butir telur, sebagai wujud syukur atas karunia Allah dalam Khataman Al-Qur'an ini. Dia-lah yang memberi Hidayah, sebagai nikmat terbesar untuk umat Islam. Dengan nikmat itu ibadah jadi nikmat, hidup jadi bahagia, maka pintu pun surga terbuka.

Selamat Sulis, teruslah membersamai Al-Qur'an. Hari ini kita yang menemani Al-Qur'an. Di alam kubur Al-Qur'an lah yang menemani kita.#

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0812.881.50.526 (WA)

0 Response to "Sepiring Nasi dan Setengah Butir Telur Menemani Syukuran Khataman Al-Qur'an Anak Asuh YMI Empat Lawang"

Post a Comment