Cara Rasulullah SAW Bersedekah

Oleh Hamidah Nur Azizah (Gen Muda YMI)

Dari Sayyidah Aisyah ra berkata, suatu hari ketika Rasulullah SAW sakit, beliau menyuruhku bersedekah dengan uang tujuh dinar yang disimpan oleh beliau di rumah. Setelah menyuruhku bersedekah, beliau pingsan. 

Ketika sudah siuman, Rasulullah SAW bertanya kembali, “Apakah uang itu sudah  engkau sedekahkan?” “Belum, karena aku kemarin sangat sibuk,” jawabku. Rasulullah SAW bersabda, “Mengapa bisa begitu? Ambil uang itu!”

Begitu uang itu sudah di hadapan beliau, Rasulullah SAW bersabda, “Bagaimana menurutmu seandainya aku tiba-tiba wafat, sementara aku mempunyai uang yang belum aku sedekahkan? Uang ini tidak akan menyelamatkan Muhammad seandainya ia wafat sekarang, sementara ia mempunyai uang yang belum disedekahkan.” (HR. Ahmad)

Masya Allah, begitulah kepribadian Rasulullah SAW, alangkah dermawannya. Baru sehari saja Rasulullah SAW tidak bersedekah, beliau sudah sangat gelisah. Sudah tidak diragukan sedikitpun bahwa beliau adalah tauladan sepanjang masa.

Bagimana cara menjadikan sedekah itu sebagai sesuatu yang mudah kita lakukan setiap harinya?

Pertama, yakinlah bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Rozzaaq (Pemberi rezeki). Jadi jangan takut uang kita habis karena bersedekah, apalagi miskin. No no no.

Allah SWT berfirman, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Kedua, perlu dipahami bahwa sedekah tak sekedar materi. Bisa berupa tenaga dan pikiran. "Senyummu di depan saudaramu (sesama muslim) adalah sedekah." (HR. Tirmidzi). "Perkataan yang baik sedekah." (HR. Bukhori dan Muslim)

Ketiga, yakinlah bahwa sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api (HR. Tirmidzi) dan sedekah bisa menutup 70 pintu dari pintu-pintu kejelekan (HR.Thabrani) serta dapat menolak memadamkan murka Allah SWT dan dapat menolak cara mati yang buruk (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Baihaqi)

Jadi alangkah ruginya jika setiap harinya kita merasa berat untuk bersedekah. Sedangkan janji Allah itu pasti.

Semoga bermanfaat.

Bersama Gen Muda YMI
Memahat Peradaban dengan Menulis

0 Response to "Cara Rasulullah SAW Bersedekah "

Post a Comment