Kopi Hitam dan Surat Al-Insyiroh

Analogi Kopi oleh Subhan Salim (Ketua YMI Cirebon)

Setiap hal yang kita lalui dan rasakan adalah pembelajaran bagi kita. Kita bisa ambil pelajaran dari setiap kejadian sehingga kita menjadi manusia pembelajar yang selanjutnya kita ajarkan kepada yang lain. Begitu juga pada saat kita minum kopi hitam, mungkin sebagian kita ketika mendengar kopi hitam naluri rasa kita tertuju pada taste (rasa) kopi yang pahit dan tidak semua orang suka.

Begitupun dengan kesusahan, ibarat rasa pahit dalam susahnya menjalani hidup tidak semua orang bisa melewatinya kecuali orang yang yakin bahwa setelah susah pasti ada kemudahan.

Di balik rasa pahit ketika kita meminum kopi hitam akan timbul sedikit rasa asam dan ditegukan yang kesekian kali akan ada rasa manis yang timbul dari rasa kopi yang pahit. Inilah filosofi hidup yang kita bisa ambil  berpahit-pahit dahulu baru manis kemudian.  

Kemudian Allah mengajarkan kita melalui surat Al-Insyiroh betapa hidup tidak selalu mudah karena dalam kesusahan kita di ajarkan sesuatu kemudian menjadikan kita tahu, berilmu, berproses, sehingga kita mahir.

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-insyiroh : 6)

Tidak ada kemudahan tanpa usaha, tidak ada kenikmatan tanpa jerih payah kesakitan. Pada dasarnya mudah dan susah selalu berdampingan, kita hanya butuh melewati kesusahan setelah itu pasti ada kemudahan karena begitulah Allah ciptakan kehidupan ini. 

Selamat Menikmati Kopi Hitam. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0812.881.50.526 (WA)

0 Response to "Kopi Hitam dan Surat Al-Insyiroh"

Post a Comment