Jangan Ada Ghibah diantara Kita

Oleh Dimasyqi Nur Khasbillah (Gen Muda YMI

Hal sepele namun bisa menimbulkan banyak hal. Apa itu?

Namanya Ghibah.

Ghibah adalah suatu tindakan yang mungkin sepele  bagi setiap manusia, untuk melakukannya begitu sederhana dan tidak harus bergelar sarjana, tapi sungguh besar dampaknya jika sampai berita yang disampaikan itu tidak sesuai fakta atau bisa menjadikan fitnah bahkan namimah.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, "Tahukah engkau apa itu ghibah?" Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu." Rasulullah berkata "Engkau menyebutkan kejelekan-kejelekan saudaramu yang ia tidak suka untuk didengarkan orang lain."

"Beliau SAW ditanya lagi, "Bagaimana jika ia ditanya menyebutkan sesuai kenyataan?" Jawab Nabi SAW. "Jika sesuai kenyataan berarti engkau telah mengghibahnya. Jika tidak sesuai, berarti engkau memfitnahnya." (HR. Muslim no. 2589)

Seperti contoh si fulan cerita kepada temannya tentang keburukan falan bahwa si falan itu bla bla bla bla. Namun yang diceritakan itu bisa menjadi fitnah apabila berita yang diceritakan fulan itu opini atau bohong atau hoax. Ada lagi ketika si fulan itu sedang bersama falan, lalu ia ceritakan keburukan temannya itu kepada falan, maka yang seperti ini timbullah perilaku yang namanya namimah.

Tergelincirnya mulut bisa melenyapkan kepala sedangkan tergelincirnya kaki bisa pulih kembali.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hujurat ayat 12, "Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain."

Menggunjing tidak hanya dengan lisan dan ucapan saja, tapi juga bisa dengan tulisan, gerakan, atau bahasa isyarat lainnya. Seperti menggunjing dengan menyebutkan kekurangan fisik orang lain.

Rasulullah SAW bersabda "Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena berprasangka buruk adalah berdusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara." (Muttafaqun 'alaih).

Ghibah. Ini hal mudah dikerjakan. Sepekan, tapi bisa menimbulkan banyak keluguan. Ketahuilah bahwa perilaku buruk seseorang kepada kita itu pasti ada sebabnya. Mungkin karena kita lalai atau ada kekurangan kita yang tampak dihadapannya atau mungkin menyinggung sampai timbullah yang namanya ghibah. Maka dari itu, hati-hati supaya tidak terjerumus kedalam ghibah. Hati-hati.... Hati-hati.... #

Bersama Gen Muda YMI
Memahat Peradaban dengan Menulis

0 Response to "Jangan Ada Ghibah diantara Kita"

Post a Comment