Jangan Sampai Hewan Lebih Cerdas Daripada Kita

Oleh Subhan Salim (Ketua YMI Cirebon)

Setiap orang pasti di kasih rezeki, ada yang banyak ada yang sedikit. Setiap orang pun mencarinya untuk bekal kehidupanya. Setiap orang dikasih kemampuan untuk mendapatkannya dan hasil yang di dapat sesuai dengan jerih payah dalam mencarinya. Al-Ghanamu Bil-Ghurumi (Hasil sesuai jerih patah).

Siang dan malam tanpa lelah setiap orang mencarinya, setelah itu di dapat lalu buat apa? Kalau sekedar untuk makan, tentu lebih dari cukup. Tetapi kita harus ingat bahwa kita makhluk yang tidak hanya butuh makan tapi juga butuh makna. 

Jangan sampai kita kalah cerdas dengan hewan yang mencari rizki untuk bisa beribadah kepada tuhannya tidak sekedar makan tetapi ada makna yaitu beribadah kepada Allah SWT.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ. وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَإِلَى اللَّهِ الْمَصِيرُ

"Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah, kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk)." (An Nuur: 41-42).

Sudah menjadi sunnatullah, semua makhluk di muka bumi dan di seantero langit beribadah dan bertasbih pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mencari rezeki, tetapi lebih dari itu supaya bisa beribadah kepada Allah, jangan sampai hewan lebih cerdas dari pada kita. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0812.881.50.526 (WA)

0 Response to "Jangan Sampai Hewan Lebih Cerdas Daripada Kita"

Post a Comment