Tips Menghafal Al-Qur'an ala Ustadz Adi Hidayat

Oleh Heftika Nur Fauziah (Mahasiswi STEI SEBI)

Menghafal Al-Qur’an, Why not? Jadi hafidz dan Hafidzoh, Why not? Gimana sih tipsnya agar cepat dan mudah Mengafal Al-Qur’an?Pertanyaan seperti ini yang sering muncul di benak kita  Saat di tanya masalah seputar Menghafal Al-Qur’an.

Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang hafidz dan hafidzoh? Nah, bagaimana nih tipsnya agar cepat dan mudah  menghafal Al-Qur’an?

Baiklah  temen-temen di sini saya akan berbagi sedikit ilmu saya yang saya dapat ketika saya mendatangi sebuah majelis ilmu kajian rutinitas bulanan di Masjid Istiqlal yang besar nan megah, yang di isi oleh  ustadz favorit saya yaitu ustadz Adi Hidayat, Lc, MA.

Berbekal dengan nekat dan tekat, Alhamdulillah saya dan temen saya  sampai juga di Masjid yang super besar itu dan betapa terkejutnya saya ketika menyaksikan beribu-ribu manusia seperti lautan manusia berbondong-bondong mendatangi majelis ilmu itu. Ma Syaa Allah saya bergumam dalam hati. Bahkan Masjid yang megah nan besar itu tidak dapat menampung jama’ah yang luar biasa jumlahnya dan menurut kabar yang saya dengar jama’ahnya ada yang langsung terbang dari luar negri seperti Selandia Baru dan Rusia dan beberapa provinsi di Indonesia seperti  Ternate, Lampung, Maluku dan beberapa daerah lainnya.

Oke temen-temen cukup sekian prolog saya langsung saja berikut adalah tips-tips yang saya dapat. Ini dia. 
1. Niatkan ikhlas lillah (karena Allah)
Karena segala sesuatu itu tergantung pada niatnya (HR.Bukhori & Muslim). Jadi temen-temen, kita harus meluruskan niat kita hanya karena Allah SWT, bukan karena lainnya misalnya karena seorang wanita atau karena seseorang yang ia cintai atau bahkan karena ia ingin mendapatkan gelar hafidz atau hafidzoh. Naudzubillah.

2. Dekati Allah dengan cara meningkatkan iman dan takwa.
Cara meningkatkan iman dan takwa, adalah dengan .enambah jumlah rakaat sholat sunnah rawatib, menjalankan qiyamul lail, karena ini adalah salah satu sifat Ahli Qur’an. Selain itu,  dengan melaksanakan sholat dhuha, infak atau shodaqoh dan meninggalkan maksiat.

Jika kita ingin di permudah untuk menghafalkan Al-Qur’an maka mulai tinggalkanlah segala bentuk maksiat. Maksiat seluruh jiwa dan raga, seluruh tubuh mulai dari batin serta dari ujung kaki hingga ujung kepala termasuk meninggalkan segala macam bentuk ghibah maupun gosip.

3. Minta do’a kepada orang tua.
Kita semua pasti tahu bahwa ridho Allah itu terletak pada ridho orang tua. Maka dari itu temen-temen, selalu minta do’a lah kepada orang tua supaya di mudahkan dalam menghafal Al-Qur’an.

4. Jangan Ragu.
Temen-temen jangan pernah ragu untuk menghafal Al-qur’an karena sifat ragu itu muncul dari bisikan setan. Maka jangan pernah ragu untuk selalu menghafakan Al-Qur’an.

5. Yakinlah bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah. Maka dari itu temen-temen selalu katakan bahwa menghal Al-Qur’an itu mudah, tetapkan lah sejak awal di dalam mindset kita bahwa Al-Qur’an itu mudah. In Syaa Allah  atas izin Allah Menghafal Al-Qur’an itu terasa sangat mudah. Intinya jangan sekali-kali berpikir bahwa Al-Qur’an itu sulit, tapi selalu berpikirlah bahwa Al-Qur’an itu mudah.

Itulah tips-tips menghafal Al-Qur’an yang saya dapatkan di dalam majelis ilmu kemarin. Kita, khususnya yang masih muda-muda mari tumbuhkan ghiroh semangat agar terus menghafal Al-Qur’an  sejak kini dan seterusnya. Jadi temen-temen tips itu hanya untuk mempermudah kita semua, selanjutnya kembali pada pribadi masing-masing yang menjalankan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam hangat dari saya, sekian dan terima kasih. #

Bersama Gen Muda YMI 
Memahat Peradaban dengan Menulis

0 Response to "Tips Menghafal Al-Qur'an ala Ustadz Adi Hidayat "

Post a Comment