Bertamu Kelamaan, Bikin ILfil Mak....

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak makanannya! Namun, jika kamu diundang, masuklah! Dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan! Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi. Lalu, Nabi malu kepadamu untuk menyuruh kamu keluar. Dan Allah tidak malu menerangkan yang benar.” (Qs. Al Ahzab: 53)

Kisah tentang bertamu kelamaan bukan aja ada di era kita mak. Dari zaman baheula, udah ada orang-orang yang model kayak gini, senang banget bertamu kagak inget waktu. 
Asbabun Nuzul QS. Al-Ahzab ayat 53 ini menggambarkan betapa Rasulullah ilfil alias bete lihat orang yang bertamu kagak inget waktu di rumahnya. Ceritanya Rasulullah sedang buat acara walimatul ursy pernikahannya dengan Zainab. Orang-orang diundang dong.. Rame pastinya... Nah, setelah acara makan-makan selesai, masih ada beberapa orang yang ngobrol-ngobrol cantik. 

Melihat hal tersebut, Rasulullah sudah menunjukkan gestur yang gak nyaman. Doi keluar masuk, keluar masuk. Tapi nih tamu kagak ngarti banget. Kalo kata kita mah, et dah nih tamu-tamu kagak paham apa acara walimatul urs udah selesai, kok kagak pulang-pulang juga. Pengantennya kan mau istirahat. Tapi namanya Rasulullah.. Doi malu untuk ngungkapinnya. Subhanallah Mak.. luar biasa banget emang akhlaq Rasulullah. 

Begitulah keagungan Rasulullah. Doi gak langsung ngusir para tamu. Dia nunggu sampai tamu itu pergi. Kalo kita mah udah merepet kali ye.. Woi bubar.. bubar... Makanan udah habis. Tamu-tamu juga udah semua pulang, ngapain lagi lu dimari.. Terus disahutin deh sama tamu-tamu itu, "Jiaah.. yang penganten baru. Mau honey moon nih ye.. Menghabiskan malam pertama". (tepuk jidat dah) 

Intinya nih mak.. Kalo bertamu di rumah orang jangan sampai orang yang punya rumah ilfil. Malu untuk ngusir tapi kalo kagak disuruh pulang makanan di rumah habis 😬. Apalagi kalo rumah teman yang kita kunjungi ada suaminya atau suaminya baru pulang dari kantor/kerjaan, buru-buru dah kita cabut Mak. Jangan sampai gegara kita bertamu kelamaan, teman kita jadi berantem sama suaminya. Gimana kagak berantem, nah tuh suami dicuekin kagak diurus. Kita mah masih ketawa-ketiwi ngobrol dari A sampai Z.  Suami di dalam rumah perutnya udah perih kagak dikasih makan. Kalo udah gini kan semua jadi repot. Yuk ah, mudahkan urusan orang lain sehingga Allah akan mempermudah semua urusan kita. Aamiin.

Emak @LA 2018

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa 
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0812.881.50.526 (WA) 

0 Response to "Bertamu Kelamaan, Bikin ILfil Mak.... "

Post a Comment