Indahnya Bermusyawarah

Oleh Didah Saadah

Dalam memutuskan suatu perkara diwajibkan untuk melakukan musyawarah, syura atau rapat. Hal tersebut perlu dilakukan oleh semua kalangan baik di pemerintahan maupun di dalam keluarga sekalipun. Islam sangat menganjurkan musyawarah. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran, “Dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan, kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang bertawakkal pada-Nya.” (Q.S Ali Imran : 159).

Ayat ini memberikan peluang kepada kaum muslimin untuk melakukan ijtihad, untuk mengambil beberapa keputusan. Hendaklah keputusan yang ingin diambil tidaklah menyimpang dengan nash yang sudah ada. 

Adapun keutamaan syuro, yaitu
a. Musyawarah termasuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah. 
Dengan Musyawarah akan menghilangkan ganjalan yang ada pada hatinya seperti perasaan tidak enak dan bingung akibat suatu peristiwa dan semakin membuat dekat dengan Allah karena meminta petunjuk yang mana yang benar.

b. Musyawarah dapat menyatukan perbedaan.
Setiap orang pasti memiliki perbedaan dalam berpendapat. Di dalam musyawarah sendiri pendapat-pendapat itu ditampung lalu dipertimbangkan manakah dari pendapat-pendapat itu yang lebih maslahat bagi semua pihak, dan yang itulah yang dipilih.

c. Musyawarah tidak akan menimbulkan penyesalan.
Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan kecewa orang yang melakukan shalat istikharah dan tak akan menyesal orang yang melakukan musyawarah.”
Mengapa orang yang melakukan musyawarah tidak menyesal? Karena kesepakatan yang mereka buat adalah keputusan berdasarkan pada pendapat masing-masing kepala dan keputusan diambil secara kesepakatan bersama.
Berbeda dengan voting, suara terbanyaklah yang akan menang. Karena sejatinya dimana orang yang memiliki masa banyak dan memiliki jabatan atau kekuasaan yang tinggilah yang akan menang tanpa memikirkan apakah pilihan akan mendatangkan masalahat yang besar atau tidak.

d. Musyawarah dapat menghindari konflik.
Melakukan musywarah sama halnya dengan menghindari konflik. Apabila kita memutuskan suatu masalah yang melibatkan orang lain selain diri sendiri maka hal tersebut memicu terjadinya konflik, karena orang lain dapat merasa dirugikan atas keputusan yang dibuat sendiri tersebut, atau orang lain yang terlibat akan merasa tidak dihargai.

Dalam beberapa keutamaan diatas dapat kita ketahui bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri dan saling membutuhkan. Dan musyawarah merupakan bentuk atau wujud kesadaran akan hakikat kita sebagai makhluk sosial sesuai dengan syariat islam.

Sumber: Majelis ilmu

Bersama Gen Muda YMI 
Memahat Peradaban dengan Menulis 

0 Response to "Indahnya Bermusyawarah "

Post a Comment