Jangan Remehkan Hal Kecil

Oleh : Miftakhul Jannah (Gen Muda YMI) 

Sebagai manusia, terkadang kita sering meremehkan segala sesuatu yang kita anggap kecil, baik itu perbuatan yang baik atau pun perbuatan buruk. Padahal bisa jadi sesuatu yang kita anggap kecil itu dapat memberi manfaat yang besar bagi kita dan orang lain. 

Seperti pepatah yang mengatakan “Sedikit demi sedikit  maka akan menjadi bukit.” Ini mengindikasikan bahwa boleh jadi banyak amalan-amalan ringan yang seringkali kita sepelekan atau bahkan kita abaikan, padahal dari hal yang ringan itulah kelak akan menjadi sesuatu yang besar nantinya.

Mengapa kita dilarang menyepelekan amalan kecil? Karena kita tidak akan pernah tahu mana amalan yang akan menyelamatkan kita diakhirat, mana yang mencelakakan diri kita.

Contoh kecilnya adalah ketika kita memberikan senyuman kepada orang lain. Dalam Hadits Rasulullah SAW, senyum pada saudaramu itu bernilai sedekah. Atau menyingkirkan duri dari jalan agar tidak ada orang yang celaka nantinya, itu juga bagian dari amal sholeh yang tak boleh dianggap remeh. Balasannya adalah Syurga Allah SWT.

لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلاً يَتَقَلَّبُ فِي الجَنَّةِ فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهاَ مِنْ ظَهْرِ الطَّرِيقِ كَانَتْ تُؤْذِي النَّاسَ
“Sungguh aku telah melihat seorang lelaki mondar-mandir di dalam surga dikarenakan sebuah pohon yang dia tebang dari tengah jalan yang selalu mengganggu manusia” (HR. Muslim)
Banyak kisah orang-orang yang mendapatkan kemudahan dan pertolongan dari Allah dikarenakan amalan-amalan yang justru tidak bernilai menurut anggapannya, tapi ternyata disisi Allah memiliki nilai yang luar biasa.

Kisah seorang laki-laki yang memberi minum seekor anjing hingga kemudian Allah SWT mengampuni dosa laki-laki tersebut dan memasukannya kedalam syurga, adalah contoh nyata betapa pentingnya amal sholeh meskipun kecil. 

Rasulullah SAW bersabda, "Ketika sedang melakukan perjalanan, seorang laki-laki merasa haus, lalu ia menuju ke sebuah sumur dan minum air. Setelah ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lelaki itu melihat anjing yang sedang kehausan itu. Ia pun masuk kembali ke sumur dan memenuhi sepatunya dengan air lalu memberikan minum kepada si anjing. Lalu Allah SWT mengampuni dosa-dosanya. Para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, Apakah kita akan mendapatkan pahala dengan memberi minum binatang?  Rasulullah menjawab, Pada setiap limpa yang basah terdapat pahala." (HR. Bukhari dan Muslim) 

Selain amal sholeh yang kecil, ada dosa-dosa kecil pula, namun sering kita anggap sepele. Misalnya berbohong, menggunjing atau ghibah, sombong, riya “beribadah karena ingin dipuji orang lain” dan lain sebagainya.

Prinsipnya, jangan pernah sekali-kali kita meremehkannya, karena jika kita sudah terlalu sering melakukan hal tersebut, secara tidak sadar kita pasti akan melakukannya terus menerus, dan bayangkan saja jika kita tidak dari sekarang mulai mengontrol dan berpikir sebelum berbicara ataupun bertindak, berapa banyak dosa yang akan kita perbuat, walaupun sedikit namun jika dilakukan terus menerus lama-lama akan menjadi bukit. Naudzubillah, jangan sampai karena perkara kecil dan sering kita anggap sepele malah menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Maka dari itu marilah kita memperbaiki diri dan alangkah baiknya jika kita tidak lagi menganggap remeh amalan dan dosa yang mungkin selama ini kita anggap ringan sehingga seringkali hal  tersebut terabaikan. Bisa jadi amalan ringan tersebut mempunyai nilai yang besar di mata Allah SWT, dan menjadi penolong diri kita.

Bersama YMI 
Memahat Peradaban dengan Menulis 
Ayo Menulis Bersama YMI 
CP. 0812.881.50.526 (WA) 

0 Response to "Jangan Remehkan Hal Kecil "

Post a Comment