Ini Perbuatan yang Membuat Syetan Tertawa dan Kamu Menangis

Oleh : Hamidah Nur Azizah (Gen Muda YMI) 

Rasulullah SAW bersabda, “Dari Abu Hurairah r.a bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW “Berilah wasiat kepadaku.” Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu (mudah) marah.” Maka beliau mengulanginya beberapa kali “Janganlah kamu (mudah marah).” (HR. Bukhari).

Hadits tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah SAW tidak menyukai umatnya yang mudah marah. Kenapa? Karena banyak perbuatan menyeleweng yang berakar dari “Marah.

Berkata kotor, debat kusir, saling berkhianat, saling menyombongkan diri, saling acuh tak acuh dan saling menjatuhkan. Semuanya efek dari "marah."

Semua perbuatan menyeleweng itu disukai oleh syaithon, mereka tertawa ketika kita tidak bisa mengendalikan emosi. 

Sekarang, apa yang harus kita lakukan dalam keadaan yang berpotensi untuk marah. Ini ada tips untuk mengendalikan marah. Mari kita simak. 

Pertama, segera ucapkan Ta’awudz. “A'udzubillaahi minasy-syaithoonirrojiim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk).”

Kedua, ubah posisi anda. Orang yang marah biasanya tidak mau kalah, cenderung ingin yang lebih baik dan lebih tinggi. Semakin dituruti, semakin menjadi-jadi keinginan itu. Kalau sudah begitu, dia akan sepuasnya dalam melampiaskan kemarahannya tersebut. 

“Dari Abu Dzar r.a, Rasulullah SAW menasehati “Jika salah satu di antara kalian marah dalam keadaan berdiri, hendaknya dia duduk, karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendaklah dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Ketiga, segera berwudhu. Jika setelah wudhu, belum juga hilang, maka mandilah. Salah satu dokter pakar teraphy, dr. Muhammad Najati pernah mengatakan, “Air yang dingin bisa menurunkan darah bergejolak ketika emosi, maka terapi mandi digunakan untuk terapi psikologi.”

Mari kita berusaha mengendalikan amarah kita agar tidak ditertawakan oleh syetan. #

Bersama Gen Muda YMI 
Memahat Peradaban dengan Menulis 
Ayo Menulis, CP. Hamidah Nur Azizah (0853.8034.1248).

0 Response to "Ini Perbuatan yang Membuat Syetan Tertawa dan Kamu Menangis "

Post a Comment