Punya Masalah Kesehatan? Coba Cek Cara Wudhu-nya

Oleh : Subhan Salim (Ketua YMI Cirebon) 

Bersuci merupakan hal yang sangat diperhatikan dalam Islam, karena ini adalah aktifitas yang menentukan SMH tidaknya ibadah kepada Allah. 

Berwudhu adalah salah satu ajaran Islam untuk bersuci menghilangkan kotoran, secara khusus wudhu dilakukan sebelum shalat. Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci), usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Ma'idah : 6)

Mukhtar Salem Dalam Buku Prayers a Sport For the Body and Soul, menjelaskan wudhu bisa menghindarkan dari kanker kulit. Kanker kulit ini di sebabkan oleh bahan-bahan kimia yang menempel dan terserap oleh kulit. 

Cara yang paling efektif ada membersihkannya setiap hari. Dengan berwudhu sehari 5 kali sudah cukup untuk mengantisipasi terjadinya kanker kulit.

Kemudian Anggota ikatan dokter Arab Saudi di London Dr.Ahmad Syauqi Ibrahim serta penasihat penderita penyakit dalam dan jantung mengatakan "Para pakar berkesimpulan bahwa mencelupkan bagian dari tubuh ke dalam air bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan, menjadi rileks, saraf-saraf dan otot, serta hilangnya kenaikan detak jantung, nyeri otot, kecemasan dan Insomnia (susah tidur)."

Pada anggota tubuh yang diwajibkan terkena air merupakan kumpulan titik akupuntur yang bersifat reseptor terhadap sentuhan, usapan atau urutan ketika wudhu. Dalam dunia medis di kenal adanya titik aktif biologis atau Biological Active Sports (BASes) yang mirip dengan titik akupunktur Cina. Berdasarkan penelitian Dr. Magomedov, wudhu dapat menstimulasi irama tubuh secara alami.

Hal ini terjadi karena anggota wudhu mempunyai 61 titik refleksi cina yang di sebut drastic points yang cukup di usap lembut untuk mengaktifkannya dan juga dari guyuran, usapan, dari stimulus yang di berikan dari titik-titik tersebut memberikan stimulus Sistem saraf dan hormon untuk mengadakan homoestasis (keseimbangan). Dengan ini dapat di simpulkan bahwa wudhu dapat di kategorikan sebagai hidromessage. 

Selain itu juga wudhu mempunyai manfaat berdasarkan bagian yang dibasuh yaitu: 

Pertama, kumur-kumur menghilangkan kotoran yang di akibatkan sisa makanan yang menempel di gigi. 

Kedua, memasukan air ke hidung membersihkan kotoran yang menempel di hidung dan sisi-sisi kotoran dan debu saat pernapasan berlangsung, ketika hidung bersih kita terhindar dari flu.

Ketiga, membasuh wajah menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Efek pijatan di wajah mempunyai efek positif pada usus, ginjal, sistem saraf dan juga meremajakan sel-sel kulit muka, memperlambat keriput.

Keempat, membasuh tangan selain menghilangkan kotoran juga berfungsi mendinginkan ujung saraf jari-jari tangan yang berguna untuk memantapkan konsentrasi pikiran.

Kelima, membasuh kepala berfungsi menghilangkan kotoran yang menempel di rambut sehingga rambut tidak kusut dan tidak berbau.

Keenam, Daun telinga kita mempunyai titik-titik reseptor saraf. Usapan pada saat membasuh telinga akan mengaktifkan saraf-saraf tersebut dan juga terdapat titik biologi yang akan menurunkan tekanan darah.

Ketujuh, sentuhan air pada saat membasuh kaki akan merileksasi saraf di kaki. Kaki merupakan pusat reseptor yang terhubung ke seluruh bagian tubuh. Dan perintah untuk membasuh sela-sela jari kaki ini selain membersihkan juga menyehatkan karena terdapat titik-titik akupuntur yang dapat menstimulus bioenergi untuk membangun keseimbangan dalam tubuh.

Demikianlah uraian tentang manfaat wudhu bagi kesehatan ada baiknya kita cek wudhu kita apabila badan kita sering sakit atau banyak masalah dengan kebugaran.

Sebelum cek kesehatan ke dokter barangkali wudhu kita masih belum sempurna sehingga berpengaruh dalam kesehatan badan kita semoga bermanfaat.
Bersama YMI 
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa 
Ayo Jadi Orang Tua Asuh 
CP. 0812.881.50.526 (WA) 

0 Response to "Punya Masalah Kesehatan? Coba Cek Cara Wudhu-nya"

Post a Comment