Kisah Rumah Tangga Nabi Ismail, Isyarat dari Ayahanda Ganti Palang Pintu Rumah

Oleh : Subhan Salim (Ketua YMI Cirebon) 

Sudah sekian lama Nabi Ibrahim tidak bertemu dengan Nabi Ismail, sejak putranya itu tinggal di Mekkah. Kondisinya sudah begitu berbeda. Hajar, istri Nabi Ibrahim sudah wafat, Ismail pun sudah berkeluarga. 

Pada suatu kesempatan Nabi Ibrahim menjenguk Ismail, anak kesayangannya dan merupakan seorang Nabi juga. Tibalah Nabi Ibrahim di rumah Ismail. Ketika itu Ismail sedang bepergian jauh untuk mencari nafkah. Ismail tidak ada di rumah, hanya ada istri Ismail. 

Kemudian menantunya itu mengeluhkan tentang kondisi rumah tangganya yang serba kekurangan kepada Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim pun hanya mendengarkan dan diam, kemudian ia beranjak pulang dan menitipkan pesan kepada menantunya agar disampaikan kepada anaknya Ismail.

Apa pesan itu? Ganti palang pintu rumah.

Ibrahim menitipkan pesan agar Ismail mengganti palang pintu rumah itu. Lalu Nabi Ibrahim pamit pulang.

Kemudian Ismail pun kembali ke rumah, dan istrinya menceritakan bahwa ada seorang tua yang datang ke rumah dan menitipkan pesan untuk mengganti palang pintu rumah kita. Setelah mendengar cerita istrinya, Ismail pun menjawab bahwa "Orang tua itu adalah Ayahku." 

Ismail  sangat paham maksud dari pesan ayahanda Nabi Ibrahim. 

Tak seberapa lama, Ismail pun menceraikan istrinya. Ismail paham yang dimaksud mengganti palang pintu adalah menceraikan istrinya.

Di kemudian hari Nabi Ibrahim kembali ke rumah Ismail dan bertemu dengan istri Ismail yang baru. Kemudian istri Ismail bercerita dengan penuh syukur tentang kondisi keluarganya. Nabi Ibrahim pun pulang dan menitipkan pesan agar menguatkan palang pintu rumah mereka.

Pesan itu kemudian disampaikan kepada Ismail. Lalu Ismail menjelaskan kepada istrinya, bahwa yang dimaksud palang pintu itu adalah "Kamu istriku."

Pesan itu mengandung arti bahwa Ismail harus menjaga istrinya yang penuh syukur terhadap karunia Allah SWT. Mari bersyukur. #

Bersama YMI 
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa 
Ayo Jadi Orang Tua Asuh 
CP. 0812.881.50526 (WA) 

0 Response to "Kisah Rumah Tangga Nabi Ismail, Isyarat dari Ayahanda Ganti Palang Pintu Rumah "

Post a Comment