Ingin Selamat di Hari Akhirat ? Pilih Sahabat, Cari Syafa'at, Tetaplah Taat

Oleh : Syamsul Ma'arif (Gen Muda YMI) 

Allah SWT Berfirman, "Dan takutlah kamu pada hari (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain meski hanya sedikit. Sedangkan syafa'at dan tebusan apa pun darinya tidak diterima dan mereka tidak akan ditolong." (QS. Al-Baqarah [2] : 48)

Di hari akhirat nanti, semua manusia akan dikumpulkan di Padang Masyhar. Mereka masing-masing hanya memikirkan diri sendiri. Tak ada teman yang dapat menolong temannya, bahkan ayah dan ibu tak lagi sanggup membela anaknya. 

Hanya ada segelintir manusia yang atas ijin Allah SWT akan mendapatkan Syafa'at. Ini diberikan Allah kepada orang-orang tertentu yang dipilih-Nya, sebagaimana firman Allah SWT, "Pada hari itu tidak berguna syafaat (pertolongan), kecuali dari orang yang telah diberi izin oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, dan Dia ridhai perkataannya." (QS. Thoha [20] : 109)

Dari sekian banyak model teman kita, hanya 1 yang sampai di akhirat kelak. Ini dia.....

1. Ta’aruffan
Yaitu teman kenal secara kebetulan, seperti bertemu di kereta, halte bis, cafe dll.

2. Taariiihan
Yaitu teman karena faktor sejarah, seperti teman se-kampung, se-kost, se-almamater dll.

3. Ahammiyyatan
Yaitu teman karena kepentingan (teman bisnis, politik dll).

4. Faarihan
Yaitu teman karena sehobi (hobby motor, nyanyi, futsal dll.)

5. Amalan
Yaitu teman karena profesi, seperti dokter, guru dll.

6. Aduwwan
Yaitu teman yang terlihat seperti baik, tapi sebenarnya penuh kekebencian.

7. Hubban Iimaanan
Yaitu teman yang suka MENGINGATKAN-mu serta MENGAJAK-mu selalu ke jalan Allah Ta'Ala.

Dari 7 model teman ini, no.1-6 tidak akan ada di akhirat nanti. Hanya tersisa teman no.7 saja. 

Namun teman no.7 ini acap kali dipandang sebelah mata, selain dinilai sok alim, juga tidak menghasilkan materi duniawi. Bahkan rugi secara duniawi. 

Padahal diakhirat nanti, tidak ada seorangpun penolong kecuali hanya Allah. Disaat tidak ada teman yang dapat membantumu, teman no.7 inilah yang akan diberi SYAFA'AT untuk membantumu masuk ke dalam surga-Nya, semua syafa'at adalah atas ketentuan dan kehendak Allah.

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertaqwa-lah  kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (QS Al-Hujurat [49] : 10)

Apabila penghuni surga tidak menemui sahabat di dunianya, lalu ia bertanya kepada Allah Ta'ala, "Yaa Rabb...kami tidak melihat sahabatku yang sewaktu di dunia shalat bersama kami,  puasa bersama kami dan berjuang bersama kami."

Maka Allah Ta'ala berseru, "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar dzarrah." (HR Ibnu Mubarokh)
   
Meskipun ada peluang mendapat syafa'at namun bukan syafa'at itu yang kita perjuangkan lebih utama. Yang diperjuangkan lebih utama adalah ampunan dan Ridho Allah SWT. Tetaplah taat pada perintah-Nya.

Bersama YMI 
Memahat Peradaban dengan Menulis 
Ayo Menulis Bersama Gen Muda YMI  

0 Response to "Ingin Selamat di Hari Akhirat ? Pilih Sahabat, Cari Syafa'at, Tetaplah Taat"

Post a Comment