Sedekahlah Mumpung Masih Miskin

Oleh : Subhan Salim, S.Pd.I (Ketua YMI Cirebon)

Sedekah itu memang amalan yang sulit. Kenapa sulit? Karena ini berhubungan dengan harta yang kita miliki. Kita takut apabila harta kita dikeluarkan untuk orang lain akan berkurang. Kita takut apabila kita keluarkan sedekah kita akan menjadi miskin?? Kaya yang pernah kaya aja!!!... hehehe

Dalam suatu kisah diceritakan sahabat Abu Bakar yang mensedekahkan seluruh harta yang ia miliki untuk perang dijalan Allah SWT. Lalu bagaimana kebutuhan keluarganya? Ia pasrahkan kepada Allah SWT yang tidak akan membiarkan hamba-Nya kekurangan. Ini menunjukkan iman para sahabat yang memang luar biasa dan tidak diragukan lagi. 

Para sahabat adalah role model (uswah) yang harus ditiru supaya kita mendapat tempat terbaik di sisi Allah dan Rasul-Nya.
Dari kisah di atas kita bisa mencontoh dari sahabat Abu Bakar yang menginfaqkan seluruh hartanya, walaupun kita pada saat ini belum punya harta yang banyak seperti sahabat Abu Bakar. Lah kok gitu orang kita aja hidup pas-pasan kok hartanya diinfaqkan? Mungkin ini pertanyaan kebanyakan orang... Seharusnya, justru ini momentum kita supaya kita bisa menyamai amalan sahabat Abu bakar mumpung harta kita belum banyak, maka ketika diinfaqkan semua, akan jadi sama seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Allah SWT dan Rasul-Nya tidak melihat nominalnya tetapi totalitasnya. Ini yang disebut Taqwa. Coba kita renungi sejenak kita dengan harta sedikit saja sudah merasa sayang dengan harta kita dan enggan untuk diinfaqkan apalagi kalau kita sudah kaya, mungkin kita lebih susah untuk sedekah.

Ya.... Mumpung masih miskin atau belum punya harta banyak, maka sedekahkan semua harta yang kita miliki.
Begini nih logikanya.....
Kalau kita punya uang cuma Rp.100.000 kemudian kita infaqkan semua mungkin tidak terlalu besar tapi ini harta yang kita miliki cuma itu, Insya Allah pahala disisi Allah SWT akan lebih besar  dari pada milyuner  yang sedekah Rl.10 Juta.

Lah kok bisa? Ya bisa karena kalau milyuner uangnya banyak nggak bisa ditampung, asetnya dimana-mana, iya kan? Coba kita hitung 10 juta yang milyuner infaqkan  itu  berapa persennya dengan jumlah total harta yang ia miliki? Mungkin tak ada 1 persen pun. 

Nah kita bandingkan dengan sedekah Rp.100.000 tapi total 100% harta yang dimiliki, dengan sedekah Rp.10 Juta yang milyiner berikan tapi tidak sampai 1% pun dari harta yang ia miliki. 

Nah ayo sedekah mumpung belum kaya, Allah SWT tidak melihat nominalnya tapi Totalitasnya. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah SWT adalah orang yang paling bertaqwa. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0822.1109.2410 (WA)

0 Response to "Sedekahlah Mumpung Masih Miskin "

Post a Comment