Nasehat Syeitan Kepada Abu Hurairah

Oleh : Subhan Salim (Ketua YMI Cirebon)

Abu Hurairah termasuk ahli suffah yaitu orang yang papa dan tinggal di pondokan masjid. Beliau termasuk sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist. Abu Hurairah orang kepercayaan Nabi SAW, suatu hari Abu Hurairah diberi kepercayaan untuk menjaga gudang penyimpanan zakat.

Suatu malam ada pencuri yang tertangkap di gudang penyimpanan zakat. Si pencuri hendak dibawa ke Rasulullah SAW kemudian ia berkata kepada Abu Hurairah sambil memelas "Ampun Tuan.... Saya mencuri itu untuk memenuhi keperluan kebutuhan keluarga saya yang kelaparan."

Abu Hurairah tersentuh hatinya dan merasa kasihan kemudian dilepaslah pencuri tersebut sambil berkata untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. Esok harinya di laporkan kejadian tadi ke Rasulullah, sambil tersenyum Rasulullah SAW berkata, "Lihat saja besok pasti pencuri itu kembali lagi."

Benar saja besoknya pencuri tertangkap lagi, sambil memelas pencuri itu kembali memohon untuk dilepaskan, Abu Hurairah pun karena kasihan akhirnya dilepaskan lagi. Abu Hurairah kembali melaporkan hal tersebut ke Rasulullah SAW. 

Dengan kata-kata yang sama sambil tersenyum, Rasulullah SAW berkata, "Pencuri itu nanti malam akan kembali."

Ternyata benar juga, pencuri itu kembali tertangkap oleh Abu Hurairah, tapi kali ini tidak ada ampun. Berbeda dengan hari sebelumnya sang pencuri malah menasehati Abu Hurairah "Bacalah ayat kursi sebelum tidur agar setan tidak menyatroni kamu."

Abu Hurairah tercengang ternyata dia orang baik. Kesekian kalinya Abu Hurairah melepas maling tersebut. Dan melaporkan kejadian itu kepada Rasulullah SAW.

Kemudian Rasulullah SAW membenarkan perkataan maling itu. Bahwa si maling bukanlah orang baik, tapi dia adalah syeitan, dia berkata demikian agar kau melepaskannya. #

(Baca juga: Hujan Tak Halangi YMI Bekasi untuk Berbagi dengan Anak Yatim)

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0822.1109.2410 (WA)

0 Response to "Nasehat Syeitan Kepada Abu Hurairah"

Post a Comment