Teknik Fundraising ala Bang Subhan dan Teh Iffah

"Sell your self Before you sell a product." (Jual atau Bangun Reputasi dirimu sebelum kamu menjual produkmu).

Kaidah ini mengemuka saat diskusi dalam Rakernas YMI 2018 di Cirebon 17-18 Februari lalu. Bang Subhan Salim dan Teh Konipah yang akrab dipanggil Iffah, tampil sebagai narasumber dalam diskusi dan berbagi pengalaman tentang Teknik Fundraising dan Membangun Jaringan.

"Yang pertama, kita harus muka tembok saat berkeliling mencari dana untuk kegiatan-kegiatan YMI. Nggak boleh malu. Kita harus yakin dengan produk yang kita jual, apalagi produk ini untuk kepentingan dunia akhirat," ujar Bang Subhan dalam presentasinya.

Kepentingan dunia akhirat? Iya betul. Produk yang dijual YMI pasti membahagiakan orang yang membelinya. Ketika orang membeli produk tersebut, dia dijamin bahagia di dunia dan mulia di akhirat. Ini dijamin oleh Rasulullah SAW.


Produk yang dijual YMI adalah program pemberdayaan anak-anak yatim di pelosok desa. Dinamakan Program Orang Tua Asuh, dimana anak-anak yatim mendapatkan kembali sosok ayah dan ibu yang komitmen menyekolahkan mereka hingga lulus SMU. 

"Apalagi YMI sekarang punya program beasiswa kuliah untuk anak-anak desa. Ini Program yang luar biasa sekali, dan banyak peminatnya. Nah, sekarang bagaimana kita harus mampu mempromosikan program ini agar dipahami publik," tambah Subhan.

Pada kesempatan berikutnya, Teh Iffah juga berbagi pengalamannya Fundraising (mencari dana) lewat media sosial. "Harus bangun reputasi dulu, yaitu reputasi diri agar ada trust (kepercayaan orang) terhadap kita, dan jangan baper. Yang namanya marketing itu nggak boleh baper, ngambek, mutung, " jelas Iffah.

Teh Iffah dikenal aktif diberbagai media sosial. Bisa dilihat dari Facebook dan Instagramnya, ada Batik Iffah Cirebon dan ada akun-akun yang mempublikasikan aktifitas anak-anak asuh YMI.

Rakernas YMI menampilkan acara berbagi pengalaman ini agar setiap cabang memiliki cara pandang yang sama dalam melakukan fundraising. Narasumbernya Bang Subhan dan Teh Iffah adalah pengurus YMI Cirebon. Dari kita untuk kita, dari YMI untuk YMI. Insya berkah, efisien dan efektif.

"Melalui acara berbagi pengalaman ini, akan nambah wawasan dan merubah mindset, yang biasanya menganggap mencari dana itu berat, tapi kalau kita memahami tekniknya, Insya Allah kita mampu, YMI telah membuktikannya,' pungkas Iffah. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0822.1109.2410 (WA)



0 Response to "Teknik Fundraising ala Bang Subhan dan Teh Iffah"

Post a Comment