Muharam Makin Bergema Bersama Anak Asuh YMI Lampung Selatan

Bulan Muharam memang tidak perlu dilekatkan dengan Bulan Menyantuni Anak Yatim. Meski ada beberapa Hadits yang menyebutkan keutamaan menyantuni anak yatim dibulan Muharam, namun berbagai kajian menyebutkan Hadits tentang Memuliakan Anak Yatim pada 10 Muharam adalah Hadits palsu. 

Salah satu yang termaktub dalam kajian tersebut adalah Hadits berikut, "Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim di hari ‘Asyuro (10 Muharam) maka akan diangkat kedudukannya satu derajat di surga dari tiap satu helai rambut yang diusapnya.” (Fawa'id Hadits Abi Dzar Al-Harowi nomor 6). Riwayat ini sanadnya berporos pada Habib bin Muhammad alias Habib bin Abi Habib. Ibnul Jauzi berkata, "Hadits ini palsu tanpa keraguan." Imam Ahmad berkata, "Habib bin Abi Habib rowi adalah dusta." (Al-Maudhu'at 2/571).

Meski demikian, bukan berarti menyantuni anak yatim di bulan Muharam adalah haram dan terlarang. Tentu kasihan anak-anak yatim bila demikian. Keutamaan dan keberkahan menyantuni anak yatim tetap harus dikejar. Jangan kendur sedikit pun di bulan Muharam. 

Inilah yang ditempuh YMI Lampung Selatan (Lamsel) dengan terus menggelar santunan dan pembinaan anak yatim. "Dibulan Muharam ini, memasuki tahun baru Hijriyah 1439, kita bersilaturahim dengan donatur YMI, Bapak Sugeng, Alhamdulillah beliau memberikan motivasi dan uang santunan untuk anak-anak asuh kami," ujar pengurus YMI Lamsel Zaenal Abidin.

(Baca Juga : Keceriaan Anak Yatim Desa mendapatkan Susu dari YMI)

YMI Lamsel membina anak-anak yatim dhuafa di desa Branti Raya dan sekitarnya, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. "Anak-anak ini mengikuti program yang kita namakan Program Orang Tua Asuh bagi Anak Yatim Desa, dimana 1 orang tua dikota menyekolahkan 1 anak yatim di pelosok desa, hingga anak tersebut mandiri," jelas Zaenal. 

Melalui program ini, anak yatim di desa mendapatkan kembali sosok ayah dan ibu yang berkomitmen menyekolahkan dan mengasuh mereka hingga mandiri. "Kriteria mandiri disini adalah lulus SMU," tambah Zaenal.

(Baca Juga : Cara Menjadi Orang Tua Asuh bagi Anak Yatim di Pelosok Desa)

"Alhamdulillah berkat program anak asuh ini, anak-anak yatim tidak hanya sekedar mendapatkan santunan saja, dan tidak hanya di bulan Muharam saja mereka disantuni, tapi setiap saat mereka bisa mendapatkan hak-haknya sebagai anak. Mereka bermain, bersekolah, belajar, mengaji, dan beraktifitas sebagaimana anak-anak pada umumnya," tandas Zaenal. # 

Bersama YMI 
Menyekolahkan Anak Yatim hingga Pelosok Desa 
Ayo Jadi Orang Tua Asuh 
CP. 0822.1109.2410

0 Response to "Muharam Makin Bergema Bersama Anak Asuh YMI Lampung Selatan"

Post a Comment