Jelang Kompetisi Nasional YMI, Anak Asuh YMI Pandeglang Berlatih Memanah

Perhelatan Akbar YMI tahun 2017 akan segera digelar Desember mendatang. Cabang-cabang YMI sudah mulai menggenjot anak asuhnya untuk berlatih lebih intensif dan serius. Kompetisi Nasional Anak Desa Juara, yang diselenggarakan 2 tahun sekali, pada tahun 2017 akan mempertandingkan perlombaan baru di bidang olahraga.

"Kalau biasanya hanya lomba-lomba didalam ruangan (Indoor) seperti cerdas cermat, Hafalan Al-Qur'an, adzan, pentas seni dan seterusnya, kini ada lomba futsal, renang dan panahan," ujar Ketua YMI Pandeglang Imat Hismatullah disela-sela latihan panahan bagi anak-anak didiknya di Kampung Cibagolo, Picung, Pandeglang Banten.

Kompetisi anak asuh YMI 2017 adalah perhelatan ke-4 bagi anak-anak yatim dhuafa di pelosok desa binaan YMI. Tahun 2011 diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur, tahun 2013 dan 2015 di Jakarta. Tahun 2017 ini akan diselenggarakan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

YMI Pandeglang tercatat sebagai Juara Umum 2 kali sepanjang Kompetisi Nasional ini diadakan, yaitu tahun 2013 dan 2015. Sedangkan tahun 2011 Juara Umum direbut YMI Kuningan. "Insya Allah tahun 2017 ini kita juga membawa anak-anak terbaik yang siap berkompetisi menjadi Juara," tutur Imat.

Latihan memanah kali ini lebih spesial karena anak-anak baru mencoba dengan alat seadanya. Lomba memanah diselenggarakan dalam rangka memenuhi Sunnah Rasulullah SAW agar mengajari anak-anak untuk memanah dan berkuda.
Hal ini dikisahkan dalam sejarah bahwa setiap hari Uqbah bin Amir Al-Juhani keluar dan berlatih memanah, kemudian ia meminta Abdullah bin Zaid agar mengikutinya namun sepertinya ia (Abdullah) nyaris bosan. Maka Uqbah berkata, "Maukah kamu aku kabarkan sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah SAW?" Abdullah menjawab, "Mau." Lalu Uqbah berkata, "Saya telah mendengar beliau SAW bersabda, 
يُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلَاثَةَ نَفَرٍ الْجَنَّةَ صَاحِبَهُ الَّذِي يَحْتَسِبُ
فِي صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالَّذِي يُجَهِّزُ بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
وَالَّذِي يَرْمِي بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَالَ ارْمُوا وَارْكَبُوا
وَإِنْ تَرْمُوا خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا

“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad – 16699).

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP. 0822.1109.2410

0 Response to "Jelang Kompetisi Nasional YMI, Anak Asuh YMI Pandeglang Berlatih Memanah"

Post a Comment