Olahraga Senam Anak-Anak di Pelosok Desa, Banyak Keterbatasan Namun Tetap Semangat

Sekolah di pelosok desa memang jauh berbeda dengan ditengah kota. Banyak keterbatasan di desa, mulai dari fasilitas, SDM hingga sarana-prasarana. Salah satunya di desa binaan YMI, yaitu Desa Kadupandak, Kecamatan Picung, Pandeglang, Banten.

Di desa ini, YMI mendirikan Madrasah gratis untuk anak-anak desa yang putus sekolah, khususnya anak yatim dan dhuafa. Tak ada biaya SPP bulanan dan gratis biaya pendaftaran, bahkan anak-anak murid mendapatkan seragam, alat tulis hingga tas sekolah. Namanya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Munashoroh, setingkat SMP. Nama Munashoroh diambil dari nama YMI (Yayasan Munashoroh Indonesia). Munashoroh artinya Pertolongan, atau Solidaritas.

MTs Munashoroh sudah menginjak tahun ke-2, ada 34 anak desa yang belajar disini. Hingga angkatan ke-II ini, anak-anak murid MTs masih tetap semangat belajar dan mengikuti program pendidikan, meski dengan sarana-prasarana seadanya.


Di Desa Kadupandak dan sekitarnya ini, anak-anak putus sekolah karena jarak antara sekolah ke rumah sangat jauh. Meskipun gratis, namun harus dilalui dengan berliku, dan memerlukan biaya yang tidak murah. YMI Pandeglang pun berinisiatif mendirikan MTs gratis untuk anak-anak putus sekolah tersebut.


Akhir pekan ini anak-anak murid MTs mengikuti Olahraga Senam bersama. Tanpa ada pengeras suara atau speaker, anak-anak tetap menjalani program olahraga yang masuk sebagai kurikulum Madrasah.

“Alhamdulillah kita sudah mengupayakan adanya seragam olahraga untuk anak-anak, serta beberapa keperluan lainnya. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa menyediakan speaker supaya anak-anak bisa senam diiringi alunan musik. Tambah semangat Insya Allah,” ujar Kepala MTs Munashoroh Ridwansyah.

YMI Pandeglang membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia yang ingin berkontribusi menyediakan speaker sebagai sarana belajar anak-anak desa yang sedang mengikuti sekolah gratis di MTs Munashoroh. Harga speaker sekitar 1 Juta Rupiah. “Kita juga buka saweran Rp.200.000 per orang hingga 5 orang untuk penyediaan Speaker ini,” tutur Ridwan.

Bila ingin berkontribusi, dapat menghubungi pengurus YMI Pandeglang Mumun Munawaroh (HP. 0852.1571.5133) atau dengan Kepala MTs Munashoroh Ridwansyah (HP.0838.0466.1685). Penyaluran bantuan dapat melalui rekening YMI, Bank Mandiri no.103.00.04968810 atas nama Munashoroh Indonesia.

“Tentu kita akan terus berupaya memperbaiki berbagai kekurangan yang ada di Madrasah ini. Sebagaimana tujuan dari pendirian Madrasah ini adalah untuk menyekolahkan anak-anak desa yang putus sekolah, serta anak-anak yatim dan dhuafa. Insya Allah selalu ada jalan,” tandas Ridwan. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim hingga Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Olahraga Senam Anak-Anak di Pelosok Desa, Banyak Keterbatasan Namun Tetap Semangat"

Post a Comment