Futsal YMI Bersama Anak Asuh, Memuliakan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa


Berbagai program YMI untuk anak yatim terus berjalan. Pelatihan keterampilan, belajar dan menghafal Al-Qur’an, serta program beasiswa sekolah dari SD, SMP, SMU hingga beasiswa kuliah terus bergulir. Program ini dapat dinikmati oleh anak-anak yatim hingga pelosok desa. YMI juga punya program olahraga Futsal bersama anak asuh yang juga telah berjalan rutin sepekan sekali.

“Program pembinaan bagi anak-anak harus komprehensif (menyeluruh) karena manusia itu punya banyak kebutuhan, dan kebutuhannya tentu kompleks,” ujar Basri, salah satu penerima beasiswa YMI yang sedang menempuh kuliah di Jakarta.

Basri dipercaya untuk mengelola program futsal YMI ini, agar manfaatnya untuk anak-anak yatim bisa optimal, yaitu memuliakan anak yatim dan membahagiakan mereka lewat berbagai media yang ada. Salah satunya adalah futsal ini. Banyak cara dan model untuk membahagiakan anak-anak yatim, tidak melulu harus dengan santunan-santunan, tapi harus dengan program yang memberdayakan anak-anak agar kelak di masa depan mereka bisa hidup lebih sejahtera.

Program Futsal ini merupakan pengembangan dari program orang tua asuh anak yatim desa yang telah digulirkan YMI sejak tahun 2010. Melalui program orang tua asuh ini, anak-anak yatim di pelosok desa mendapatkan kembali sosok ayah atau ibu yang berkomitmen menyekolahkan dan mengasuh mereka hingga mereka mandiri. Kriteria mandiri adalah lulus SMU.

Dengan Program orang tua asuh ini, anak-anak yatim mendapatkan kepastian akan kebutuhan hidup mereka. Ditambah dengan program pembinaan Al-Qur’an, aqidah Islam serta pembinaan akhlak, anak-anak memperoleh kepercayaan diri untuk tampil di tengah masyarakat.

“Banyak diantara anak-anak asuh yang sekarang ini sudah bisa tampil sebagai da’i, ikut lomba marawis, ceramah Ramadhan diatas mimbar, ikut kompetisi olahraga, pramuka, masuk dalam pasukan pengibar bendera, serta kiprah lainnya,” tutur Basri.


Ada 653 anak asuh yang saat ini diberdayakan YMI. Mereka tersebar di pelosok desa di Sumatera dan Jawa. Dari sejumlah itu, sekarang ada 7 anak yang sudah lulus SMU dan kuliah. Mereka kuliah lewat program beasiswa YMI.


“Kami meyakini bila program-program YMI ini berjalan dengan baik, maka akan memutus rantai kemiskinan di desa-desa, dimana seringkali anak-anak desa itu menjadi miskin karena tidak mendapatkan ilmu dan pendidikan yang layak, tidak punya skill dan keahlian, sehingga sulit mendapatkan kesempatan bekerja dan berkarir untuk memperbaiki kehidupannya,” tandas Basri. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim hingga Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Futsal YMI Bersama Anak Asuh, Memuliakan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa"

Post a Comment