Praktek Shalat Anak Asuh YMI Pemalang

Memberdayakan, Bukan Hanya Menyantuni. Kaidah ini terus diperankan oleh pengurus YMI Pemalang dalam memberdayakan anak-anak yatim dhuafa dipelosok desa binaan. Anak-anak di desa Nyamplung Sari, kecamatan Petarukan, Pemalang mendapatkan santunan bulanan dari orang tua asuh, sekaligus memperoleh pendidikan agama untuk bekal mereka di masa depan.

“Anak-anak asuh kita ajarkan untuk shalat sesuai Sunnah Rasulullah SAW, langsung praktek shalat berjamaah di Rumah Qur’an YMI,” ujar Ketua YMI Pemalang Ponirin.

Ponirin bersama pengurus YMI Pemalang lainnya secara khusus membuat kurikulum untuk 138 anak asuh yang diberdayakan di Rumah Qur’an YMI. “Sepekan ini anak-anak belajar shalat, mulai dari pemahaman akan pentingnya shalat, tata caranya yang sesuai Sunnah Rasulullah SAW hingga mempraktekannya,” jelasnya.

Shalat merupakan tiang agama, rukun Islam kedua dan wajib dikerjakan oleh kaum muslimin dan muslimat. Pemahaman akan pentingnya shalat menjadi kurikulum wajib di Rumah Qur’an YMI. “Kita ingin mencetak anak-anak yang cerdas di bidangnya, sekaligus berakhlak mulia,” harap Ponirin.


Melalui program orang tua asuh anak yatim desa, anak-anak di pelosok desa binaan YMI mendapatkan kembali sosok ayah yang berkomitmen membiayai sekolah mereka hingga anak tersebut lulus SMU. Meskipun sekolah sudah gratis, dan ada kemudahan-kemudahan lainnya, namun tetap saja angka putus sekolah di desa sangat tinggi.

Ini karena kurangnya pemahaman orang tua (khususnya ibu, karena ayahnya sudah tiada) akan pentingnya sekolah yang tinggi untuk membentuk pola pikir yang baik. Dalam satu keluarga, anaknya bisa 6 sampai 9 orang, sehingga bila 1 anak sudah lulus SMP, disuruh kerja dulu agar membiayai kehidupan keluarga. Di titik inilah YMI hadir di tengah masyarakat desa untuk mendorong ibu-ibu di desa agar meyekolahkan anak-anaknya minimal hingga lulus SMU.


“Alhamdulillah melalui program orang tua asuh ini, tumbuh semangat anak-anak untuk sekolah setinggi-tingginya, apalagi Abi (Ketua Umum YMI) ketika datang ke desa kami selalu memompa semangat anak-anak asuh untuk sekolah, sekolah dan sekolah. Jadi anak yang cerdas dan berguna di masa depan kelak,” tutur Ponirin. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Praktek Shalat Anak Asuh YMI Pemalang"

Post a Comment