Tips Berhemat Di Bulan Ramadhan

Hampir semua ibu-ibu mengaku di bulan ramadhan, pengeluarannya mengalami peningkatan. Padahal bulan ramadhan harusnya menjadi bulan pengendalian nafsu, tapi malah mengkonsumsi berlebihan. Berikut beberapa tips agar anggaran pengeluaran kita tidak bobol di bulan ramadhan.

Pertama : Belanja barang-barang jauh sebelum Ramadhan

Berbelanja dalam jumlah besar sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika sebelumnya Anda terbiasa untuk berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar dan sekali selesai. Penghematan yang Anda dapatkan sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, Anda tidak harus membayar ulang uang parkir maupun mengeluarkan biaya bensin lagi. Kedua, toko selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenaga Anda bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.
Saran tambahan untuk menghemat dari sisi belanja adalah usahakan untuk berbelanja kebutuhan tersebut pada saat satu minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini mengantisipasi naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang relatif tinggi pada awal bulan puasa. Selain itu, akan terdapat cukup banyak promo yang bisa Anda manfaatkan pada momen seperti ini.

Kedua: Jangan sering-sering berbuka di luar rumah

Pada bulan seperti ini, undangan Buka Bersama rasanya menjadi hal yang akan sangat sering anda dapatkan. Mulai dari reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja di mana anda sempat mengabdikan diri. Kalau anda tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua tawaran, jangan heran jika di akhir bulan anda hanya bisa berteriak maupun menangis karena pengeluaran anda menjadi berkali-kali lipat lebih besar dibanding bulan biasa.

Pilah-pilih tawaran yang ingin anda datangi. Itu hanya undangan, bukan sebuah pengumuman rapat tahunan. Anda tidak diwajibkan untuk datang. Jangan menjadikan undangan ini sebagai beban.


Ketiga: Jangan tergiur dengan promo belanja

Salah satu cara merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan hawa nafsu adalah mengenakan baju baru di hari raya. Anda tidak akan sulit menemukan berbagai promo yang dilakukan toko untuk menarik minat konsumen agar membeli produk mereka. Boleh saja membeli baju baru, asalkan anda tetap memperhitungkan kemampuan dana anda supaya tidak sampai harus berhutang demi terlihat keren di mata sanak saudara dan tetangga.

Semoga Bermanfaat

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh bagi Anak Yatim Penghafal Qur'an
CP : 0822.1109.2410 (WA)

0 Response to "Tips Berhemat Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment