Syukuran Khitanan Bersama Anak Yatim Binaan YMI Cirebon

Hari libur 1 Mei 2017 dioptimalkan keluarga donatur YMI untuk berbagi bersama anak-anak yatim. Bapak Gama, warga Gunung Kelud Cirebon yang baru saja mengkhitan puteranya Muhammad Hugo Favian menyelenggarakan Syukuran Khitanan bersama anak-anak asuh YMI Cirebon.

“Acaranya makan bersama, ngaji bareng dan shalawat, Alhamdulillah anak-anak merasa senang,” ujar pengurus YMI Cirebon Konipah.


Selain itu, anak-anak asuh juga mendapatkan uang santunan. “Hari ini pokoknya anak-anak senyum sumringah semua,” ungkap Iffah (panggilan sehari-hari untuk Konipah).

YMI Cirebon mengelola anak-anak asuh melalui program orang tua asuh. Program ini sudah digulirkan sejak tahun 2011 di Cirebon, yang mempertemukan orang tua dikota yang dermawan dengan anak-anak yatim di desa. Bentuk programnya adalah 1 orang tua dikota mengasuh secara jarak jauh, dan menyekolahkan 1 anak yatim dhuafa dipelosok desa, hingga anak tersebut mandiri. Tanda kemandirian adalah lulus SMU, dan sudah bisa bekerja memenuhi nafkahnya sendiri dan keluarganya.


Para orang tua asuh, secara berkala akan mendapatkan laporan perkembangan anak asuhnya, baik berupa rapor sekolah, perkembangan hafalan Qur’annya, kesehatannya, keikutsertaan dan kehadirannya mengaji di Rumah Qur’an YMI, dan sebagainya. Orang tua asuh dapat mengunjungi anak asuhnya kapan saja.

“Biasanya ada yang mengunjungi saat momen Ramadhan, untuk buka puasa bersama, atau saat-saat hari libur seperti lebaran dan tahun baru,” jelas Iffah.

Anak-anak asuh YMI bukan hanya disantuni secara berkala, namun juga diberdayakan supaya memiliki kemampuan untuk keluar dari kemiskinan dan ketidakberdayaan. Program pemberdayaannya adalah pelatihan-pelatihan keterampilan dan keahlian. “Insya Allah program ini akan memutus rantai kemiskinan yang turun temurun terjadi dipelosok desa, karena seringkali orang tua yang miskin melahirkan anak yang miskin. Secara perlahan kami berharap program unggulan YMI ini dapat mengatasi permasalahan kemiskinan di pelosok desa, melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia),” tandas Iffah. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Syukuran Khitanan Bersama Anak Yatim Binaan YMI Cirebon"

Post a Comment