Cetak Generasi Qur’ani dari Pelosok Desa, Ini Rutinitas Anak Asuh YMI Pemalang

Desa Nyampung Sari. Tepat dibibir pantai Utara Jawa. Desa binaan YMI ini terletak di Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ada 138 anak nelayan yang dibina YMI sehari-hari di Rumah Qur’an yang dikelola YMI Pemalang.

“Disini awalnya banyak anak-anak yang putus sekolah, karena dalam satu keluarga ada yang punya 6 hingga 8 anak, sehingga yang sekolah harus gantian,” ujar Ketua YMI Pemalang Ponirin.

YMI hadir tahun 2015 lalu, dan menyekolahkan kembali anak-anak yang putus sekolah, melalui program Orang Tua Asuh Anak Yatim Desa. 1 anak di desa kini memiliki 1 orang tua asuh yang sudah berkomitmen menyekolahkan anak-anak desa itu hingga anak-anak tersebut mandiri. Ukuran mandiri adalah lulus SMU.
 

“Sekarang kita ingin mengembangkan program YMI dengan membangun akhlak dan aqidah anak-anak. Insya Allah kita juga bisa mencetak generasi qur’ani dari pelosok desa. Mereka yang hafal Qur’an, sekaligus cerdas dalam pelajaran umum di sekolahnya,” tutur Ponirin menjelaskan program-programnya.


Setiap sore selepas pulang sekolah anak-anak masuk ke Rumah Qur’an, mengaji, tadarus Al-Qur’an dan ikut program tahfidz Qur’an. 

“Semua rutinitas kegiatan anak asuh kami dokumentasikan sebagai laporan ke YMI Pusat dan para orang tua asuh, sehingga orang tua asuh mengetahui perkembangan anak asuhnya, setiap 2 tahun sekali anak-anak asuh dikumpulkan di Jakarta. Mereka bisa bertemu dengan orang tua asuhnya saat itu,” ungkap Sipon, panggilan sehari-hari untuk Ponirin.

Dalam Ramadhan 1438 H ini, Sipon menata manajemen pengelolaan anak asuh lebih rapi lagi. Ada buku panduan ibadah Ramadhan, evaluasi ibadah harian, serta berbagai program lain untuk memantau perkembangan bacaan Al-Qur’an dan hafalan Al-Qur’an anak-anak asuh. 

“Insya Allah kita terus berupaya memberikan yang terbaik untuk anak-anak generasi penerus dakwah Islam di pelosok desa,” tandas Sipon. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Cetak Generasi Qur’ani dari Pelosok Desa, Ini Rutinitas Anak Asuh YMI Pemalang"

Post a Comment