Rebana Rusak, YMI Pemalang Buka Kenclengan

Geliat aktifitas anak asuh YMI Pemalang semakin marak dalam beberapa bulan terakhir, dengan hadirnya peralatan seni marawis. Rebana, berupa alat yang ditabuh dalam kesenian marawis, kini dalam kondisi rusak. “Rebananya pecah, dan sudah tidak bisa dipakai lagi,” ujar Ketua YMI Pemalang Ponirin.

Mas Sipon (demikian anak-anak asuh memanggilnya) sehari-hari mengajarkan anak-anak mengaji, membaca dan menghafal Al-Qur’an, termasuk membimbing kegiatan seni marawis. “Kita mau buka kenclengan, mudah-mudahan ada dermawan yang berkenan mengganti alat rebana yang sudah rusak ini,” jelasnya.
Anak-anak asuh yang dikelola YMI Pemalang ini berlokasi di Desa Nyamplung Sari, Kecamatan Petarukan, Pemalang. Lewat program orang tua asuh anak yatim desa, yaitu 1 orang tua di kota mengasuh/menyekolahkan 1 anak yatim di pelosok desa, jumlah anak-anak asuh yang sebagian besar anak nelayan tradisional ini makin bertambah. Sekarang sudah mencapai 135 anak termasuk anak SMU. “Mereka yang putus sekolah, kita upayakan agar mau sekolah lagi,” ungkap Sipon.
Selain sekolah formal, program orang tua asuh juga mengharuskan anak-anak asuh belajar Islam, dan mengikuti berbagai keterampilan. “Ada monitoring khusus dari YMI Pusat terhadap perkembangan bacaan dan hafalan Al-Qur’an anak-anak asuh, serta perkembangan pendidikan aqidah Islamnya,” jelasnya.

Untuk mengasah keterampilan seni dan menggairahkan aktifitas anak-anak asuh agar tidak monoton, digelar pelatihan marawis. “Anak-anak yang punya minat dan bakat seni, kita arahkan untuk mengikuti marawis, Alhamdulillah banyak kemajuan hingga saat ini, hanya saja sekarang ada kendala kerusakan alat rebana ini, semoga bisa segera ada gantinya,” harap Sipon.

YMI Pemalang membuka kesempatan kepada berbagai pihak yang ingin menyumbangkan sebagian rezekinya untuk mengganti alat rebana anak-anak yang rusak tersebut. “Dapat menghubungi saya di No.HP.0881.2423.887 (WA/Telp/SMS). Semoga Allah SWT mencurahkan barokah untuk kita semua,” tandas Sipon. Amin Allahumma Amin. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Rebana Rusak, YMI Pemalang Buka Kenclengan"

Post a Comment