Belajar Islam melalui Permainan Menyenangkan untuk Anak Asuh YMI Sukabumi

Metode pengajaran Islam kepada anak perlu dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Serius tapi santai. Melalui permainan yang mendidik, anak akan lebih cepat paham dan lebih lama mengingat apa yang telah dipelajari.

Kaidah inilah yang diterapkan pengurus YMI Sukabumi dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak asuhnya agar cepat memahami Islam, mudah mempelajari dan menghafal Al-Qur’an serta aktif dalam berbagai kegiatan dan diskusi.

“Konsep belajar untuk anak-anak khususnya yang masih kecil memang harus dikemas dengan menarik, agar mereka tidak kehilangan masa kanak-kanaknya,” ujar Ketua YMI Sukabumi Iyus Saputra.


Ustadz Iyus (demikian anak-anak menyapanya) sepekan terakhir kemarin mengajarkan salam muroqobah. Muroqobah adalah pengawasan Allah SWT. “Kita harus ingat bahwa setiap aktifitas kita diawasi dan dilihat oleh Allah SWT, tak ada satupun yang luput dari pandangan-Nya, karena itu untuk membuat anak-anak memahami konsep tersebut, kita ajarkan permainan dengan nama Salam Muroqobah ini,” ungkapnya.


Anak-anak asuh YMI Sukabumi yang belajar di Rumah Qur’an YMI adalah mereka yang yatim, piatu dan dhuafa. Mereka mengikuti program Orang Tua Asuh Anak Yatim Desa, yaitu 1 orang tua di kota menyekolahkan 1 anak yatim di pelosok desa, hingga anak tersebut mandiri. Kategori mandiri disini adalah anak tersebut sudah lulus SMU.


“Kami meyakini program orang tua asuh ini dapat mengatasi masalah kemiskinan di desa kami, desa Girijaya, kecamatan Nagrak, Sukabumi. Insya Allah program ini akan memutus rantai kemiskinan, dimana orang tua yang miskin tidak lagi melahirkan anak yang miskin, karena anak tersebut mengikuti program orang tua asuh, disekolahkan, dibina dengan pendidikan Islam di Rumah Qur’an YMI, dilatih melalui berbagai training keterampilan, dan lain sebagainya, mudah-mudahan ini jalan untuk mensejahterakan umat Islam khususnya dipelosok desa,” tandas Iyus. #

Bersama YMI
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Belajar Islam melalui Permainan Menyenangkan untuk Anak Asuh YMI Sukabumi"

Post a Comment