Anak Asuh YMI Lampung Berlatih Tari Melinting

Tari Melinting. Ini salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Tarian klasik peninggalan Kerajaan Melinting di Lampung Timur ini tergolong tarian tertua yang pernah ada di tanah air. Untuk mengenalkan warisan budaya bangsa kepada anak-anak, hari ahad kemarin (19/3) pengurus YMI Lampung Timur (Lamtim) menggelar latihan Tari Melinting untuk anak-anak asuh, di desa Negeri Agung, Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur.

“Ini adalah latihan perdana sekaligus untuk memperkenalkan anak-anak akan pentingnya budaya bangsa, yang khas berasal dari daerah sendiri, di Lampung Timur, anak-anak harus mengetahui dan memahami maknanya,” ujar pengurus YMI Lamtim Karyati.

Dalam sejarahnya, tarian yang populer di kawasan Labuhan Meringgai, Lampung Timur ini pertama kali diciptakan pada abad ke-16 oleh Ratu Melinting II yang bergelar Pangeran Panembahan Mas. Awalnya tarian ini hanya dikenal di lingkungan kerajaan saja, dan hanya ditampilkan pada acara Gawi Adat di Kerajaan Melinting. Saat itu, Tari Melinting hanya boleh dibawakan oleh putera dan puteri Ratu Melinting saja.

“Baru kemudian pada tahun 1958, Tari Melinting ini mengalami perkembangan yang cepat, dan disempurnakan. Tari Melinting ini pun menjadi tarian rakyat yang ditampilkan di acara-acara besar seperti upacara penyambutan, perayaan, maupun acara budaya yang diselenggarakan di Kerajaan,” jelas Karyati saat menceritakan sejarah Tari Melinting.

Bibi Karyati (demikian dia disapa oleh anak-anak asuh), mengungkapkan bahwa tarian ini diajarkan kepada anak-anak sebagai persiapan menghadapi kompetisi nasional anak asuh YMI yang akan digelar pada bulan Juli 2017 mendatang. “Pada kompetisi akbar YMI 2 tahun lalu, YMI Lamtim menggaet Juara 1 di ajang seni tari ini, Insya Allah kita akan berupaya mempertahankan gelar itu,” harap Karyati.

“Kalau dapat Juara 1 lagi dikategori ini, mudah-mudahan ini menjadi penyemangat anak-anak untuk meraih yang lebih tinggi. Mudah-mudahan kita bisa jadi Juara Umum di Kompetisi Nasional YMI tahun 2017, Insya Allah kita bisa,” pungkas Karyati memompa semangat anak-anak asuh. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Anak Asuh YMI Lampung Berlatih Tari Melinting"

Post a Comment