Murid MTs Munashoroh Bereksperimen dengan Warna

Tak ingin kalah dengan pelajar-pelajar di sekolah lain yang memiliki fasilitas serba lengkap, siswa-siswa MTs Munashoroh Pandeglang mengikuti program Laboratorium, Bereksperimen dengan warna.  

Eksperimennya sederhana, namun bagi anak-anak yang tinggal di pelosok desa, aktifitas seperti ini tentu jadi hal yang luar biasa. Yaitu bereksperimen bagaimana percampuran berbagai warna sehingga menghasilkan warna baru. Biasanya mereka dapatkan hanya sebatas teori saja, Merah campur Kuning jadi Orange, Biru campur Kuning jadi Hijau.

“Kini, anak-anak mencoba sendiri kebenaran theorema tersebut, dan hasilnya mereka ungkapkan, menakjubkan,” ujar salah satu Guru MTs Munashoroh Imat Hismatullah.

Dijelaskan Imat, Eksperimen ini bertujuan agar anak-anak paham kategori warna, yaitu warna dasar dan warna yang sudah dicampur.

“Dengan eksperimen ini, anak-anak mengenal semua warna secara lebih detail, sehingga tidak ada lagi anak-anak yang buta warna di desa ini. Kemampuan membedakan warna ini penting, apalagi kalau nanti sudah memasuki dunia kerja. Kita tahu bahwa tes buta warna menjadi salah satu prasyarat di berbagai perusahaan tempat bekerja,” ungkap Imat.

Imat berharap, walau dengan fasilitas sangat sederhana, anak-anak MTs Munashoroh yang sebagian besar adalah yatim dan dhuafa ini, mereka tetap bisa berkembang menjadi anak yang kreatif dan cerdas. (Baca Juga : Dengan Segala Keterbatasan, Anak-anak Desa Tetap Semangat Belajar di MTs Munashoroh).

“Kita ajak mereka belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan cara menyenangkan, sehingga mereka tidak merasa terbebani dalam belajar,” jelasnya.

“Semoga dari sekolah sederhana di desa ini akan lahir ahli-ahli kimia dan fisika yang akan membangun desa dan bangsanya di kemudian hari,” harap Imat. (Baca Juga : Rasanya Upacara Siswa/i MTs di Pelosok Desa)

MTs Munashoroh ini berdiri awal tahun 2016, gratis tanpa biaya SPP Bulanan dan tanpa biaya pendaftaran, dikhususkan untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu, yang tinggal di pelosok desa. (Baca Juga : Pak Camat Pun Mengajar di MTs Munashoroh). #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh
CP : 0822.1109.2410 (WA/SMS/Telp)

0 Response to "Murid MTs Munashoroh Bereksperimen dengan Warna"

Post a Comment