Program Anak Asuh, Lahirkan Penghafal Al-Qur'an dari Pelosok Desa


Enam tahun sudah Program Anak Asuh berjalan, sejak bergulir tahun 2010 lalu, konsistensi program unggulan YMI ini mulai menemukan bibit unggul untuk mencetak penghafal Al-Qur’an di pelosok desa. Sebanyak 606 anak yatim dhuafa di pelosok desa di Sumatera dan Jawa telah mengikuti program ini, sebagian mereka dulunya putus sekolah karena tak punya biaya. 

Di Kabupaten Pandeglang, Banten, program anak asuh ini tersebar di 3 desa, Kadupandak, Pasir Peundey dan Cibagolo. “Pekan ini anak-anak menerima santunan bulanan, namun sebelumnya harus setor hafalan Al-Qur’an sebagaimana komitmen bersama,” ujar Pengurus YMI Pandeglang Mumun Munawaroh.

Melalui program ini, anak-anak desa yang yatim dan dhuafa mendapatkan kepastian akan biaya sekolahnya, karena mereka sekarang sudah punya lagi seorang ayah atau ibu yang bersedia dan komitmen menyekolahkan mereka hingga mereka lulus SMU. “Anak-anak asuh komitmen untuk sekolah, mengaji dan menghafal Al-Qur’an, sedangkan orang tua asuh punya kewajiban memberikan uang santunan bulanan untuk biaya sekolah dan biaya hidup anak asuhnya,” jelas Mumun.

Untuk menjamin transparansi keuangan program ini, YMI menerapkan sistem pelaporan yang transparan. “Anak-anak asuh tanda tangan dan cap jempol di lembar laporan saat menerima uang santunan bulanan, lalu laporan itu kami kirim ke orang tua asuh,” ungkap Mumun.

Mumun menambahkan, untuk mengapresiasi kegigihan anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an, YMI Pandeglang berencana untuk menggulirkan program Hari Apresiasi Anak Asuh Berprestasi. “Insya Allah akan diadakan pertengahan Desember 2016 nanti,” jelasnya.

Sepekan pertama November 2016 ini, anak-anak sudah banyak yang menyetor hafalan Al-Qur’annya sesuai target yang diberikan. Hingga saat ini, beberapa anak asuh yang sudah hafal Al-Qur’an juz 30 akan menjadi penyemangat untuk anak lainnya. “Insya Allah kita akan banyak melahirkan penghafal Al-Qur’an dari desa kami,” tandasnya. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh.... CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Program Anak Asuh, Lahirkan Penghafal Al-Qur'an dari Pelosok Desa"

Post a Comment