Lihat Foto ini, Asyiknya Mengajar Al-Qur’an di TPA Munashoroh



Menjelang Asar, Konipah bergegas menuju TPA Munashoroh, tempat anak-anak yatim binaan YMI belajar dan menghafal Al-Qur’an. Ada lebih dari 100 anak yang belajar disana. Ada yang yatim, piatu dan dhuafa. Jadwal mereka mengaji disana menyesuaikan dengan jadwal pulang sekolah. Guru ngajinya bergantian. Konipah adalah salah satu dari 5 guru ngaji di TPA Munashoroh yang dikelola YMI Cirebon.

“Program untuk anak-anak asuh adalah membaca dan menghafal Al-Qur’an, serta pembinaan Aqidah Islam, ini prioritas kami sesuai program YMI,” ujar Konipah.

Anak-anak asuh ini meski tak lagi memiliki ayah, mereka sangat antusias belajarnya, tak terlihat lagi raut sedih di wajah mereka. “Kita ikutkan juga mereka dengan program unggulan Yayasan, yaitu program Orang Tua Asuh Anak Yatim Desa, 1 orang tua di kota menyekolahkan 1 anak yatim di desa, hingga anak tersebut mandiri (lulus SMU),” jelasnya.

Iffah (begitu dia biasa dipanggil) juga mengemas berbagai program yang unik agar anak-anak senang dan merasa nyaman. “Karena mereka sudah tidak lagi punya orang tua, kitalah yang berupaya menggantikan posisi mereka, jadi tempat curhat, membimbing mereka, tertawa bersama mereka,” ungkapnya.

Program Orang Tua Asuh ini sudah berjalan selama 6 tahun, saat ini sudah ada anak asuh YMI yang lulus. Sehubungan dengan itu, YMI Pusat pun menggulirkan program unggulan lainnya yaitu Beasiswa Kuliah untuk anak asuh berprestasi. Basri, anak asuh YMI Lampung Timur, sudah mendapatkan beasiswa tersebut. “Insya Allah dalam 2-3 tahun kedepan anak asuh YMI Cirebon juga ada yang lulus SMU, kami akan ikutsertakan dalam program beasiswa kuliah YMI,” harap Konipah.

Berbagai program menarik itu menambah keasyikan tersendiri bagi para guru TPA Munashoroh, karena dengan mengajar, maka ilmu yang diajarkan akan menjadi amal sholeh yang tak akan pernah putus hingga hari kiamat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, “Bila seorang anak Adam itu meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal. Shadaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendo'akan orang tuanya.” (HR. Muslim no.1631).

Konipah pun mendapat puisi dari pengurus-pengurus YMI, melalui grup WhatsApp YMI.
Bengkulu Ravesia
Palembang Sriwijaya
Menjadi Guru Sangat Mulia
Balasannya adalah Syurga

Semoga sukses dan barokah selalu, Konipah dan seluruh guru TPA YMI Cirebon serta pengurus YMI di Pusat dan seluruh cabang. Amin Allahumma Amin. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Lihat Foto ini, Asyiknya Mengajar Al-Qur’an di TPA Munashoroh"

Post a Comment