Latihan Hadroh, Menggali Potensi Anak Asuh



Akhir pekan ke-II November 2016 ini dimanfaatkan YMI Pandeglang untuk menggali potensi seni anak-anak asuh. Seni yang ditampilkan adalah Hadroh. Ada juga yang menyebut Rebana. Dari seni hadroh ini, lahir yang namanya tim Qasidah, yang sering kita jumpai di panggung televisi dalam berbagai kegiatan keagamaan.

“Kita ingin mencari dan menggali potensi anak-anak asuh, dimana kecenderungan mereka, serta minat dan bakat mereka, agar anak-anak punya keterampilan khusus yang mereka sukai dan jadi ahli di bidangnya,” ujar pengurus YMI Pandeglang Mumun Munawaroh.

Mumun yang juga guru mengaji anak-anak asuh serta mengajar anak-anak MTs Munashoroh di desa Kadupandak, Kecamatan Picung, Pandeglang, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu dari serangkaian kegiatan pelatihan keterampilan yang sudah digulirkan. “Beberapa waktu lalu kita adakan pelatihan membuat bross, lalu pelatihan membuat gerabah, dan berbagai pelatihan lainnya, sekarang kita latih mereka di bidang seni. Prinsipnya, anak-anak suka di bidang apa, disitu akan kita kembangkan potensinya,” jelasnya.

“Setiap anak terlahir hebat. Ini kaidah yang kita pegang, bahwa kehebatan anak-anak itu berbeda-beda. Tentu kita tidak bisa membandingkan siapa yang lebih cerdas apakah BJ.Habibie atau Cristiano Ronaldo. Atau Menteri Keuangan Sri Mulyani, dengan penyanyi Opick. Semuanya cerdas, dan tak bisa dibandingkan. Mereka cerdas di bidangnya masing-masing,” anjut Mumun.

Disinilah pentingnya menggali potensi anak-anak asuh. YMI Pandeglang hingga saat ini mengelola anak-anak yatim dhuafa di 3 desa di Kecamatan Picung, yaitu desa Kadupandak, kampung Cibagolo dan kampung Pasir Peundey. Anak-anak yang putus sekolah dapat disekolahkan kembali, dan mereka yang kesulitan belajar di sekolahnya telah dibimbing, diajak mengaji, diberi motivasi dan berbagai program-program pemberdayaan lainnya. “Kita berharap anak-anak ke depan dapat memberikan sesuatu yang berharga untuk kemajuan umat Islam, serta membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, Insya Allah,” tandasnya. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…. CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Latihan Hadroh, Menggali Potensi Anak Asuh"

Post a Comment