Kata Bu Guru, “Nggak Ngaji Nggak Keren”

Hari ini 25 November 2016, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh tepat pada hari ini. Momentum ini perlu dijadikan tadzkiroh (pengingat) akan jasa-jasa guru kepada kita sehingga kita bisa menjadi manusia yang cerdas dan berakhlak mulia.

Secara umum, guru diartikan orang yang mengajar dan mendidik anak-anak muridnya. Banyak bidang yang digeluti para guru, mulai dari matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah dan bahasa, hingga guru agama. Guru agama ini yang mengajari anak-anak muridnya mengaji dan belajar Al-Qur’an. Kecerdasan dapat diukur dari nilai matematika dan pelajaran umumnya, sedangkan akhlak mulia dibentuk oleh guru ngaji tersebut. Merekalah yang menyempurnakan kecerdasan anak-anak Indonesia agar memiliki jiwa yang agung, dan bernilai dimata masyarakat.

YMI Cirebon menjadikan momentum hari guru nasional ini dengan memperkuat kecerdasan sosial anak-anak asuh. Melalui program mengaji di Sekolah Qur’an Munashoroh Cirebon, yang berlokasi di desa Majasem, anak-anak yatim dan dhuafa di desa Majasem ini mendapatkan pendidikan aqidah dan akhlak. “Insya Allah program kita membentuk jiwa yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia,” ujar pengurus YMI Cirebon Konipah.


Ada 6 guru ngaji yang sehari-hari mengajar bergantian di Sekolah Qur’an ini. Mereka tidak sekedar mengajar dan mendidik akhlak dan aqidah anak-anak desa, namun juga memberikan motivasi dengan berbagai sentuhan modern. Anak-anak pun merasa nyaman dan bangga dengan program-program yang ada, sampai-sampai anak-anak punya slogan bersama “Nggak Ngaji Nggak Keren.”

Pengabdian para guru ngaji ini patut diapresiasi. Jarak yang jauh dari rumah menuju Sekolah Qur’an, tidak menjadikan mereka cepat lelah dan mengeluh. “Bila kita jalani dengan keyakinan akan ridho dan balasan syurga Allah SWT, semuanya akan dijalani dengan rasa senang dan nyaman,” pungkas Konipah. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa

Ayo Jadi Orang Tua Asuh…. CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Kata Bu Guru, “Nggak Ngaji Nggak Keren”"

Post a Comment