Kemah MTs Munashoroh, Sarana Pendidikan Karakter Anak

Untuk menjadi sukses, tidak cukup hanya dengan kecerdasan intelektual. Kesuksesan juga ditentukan oleh kecerdasan emosional dan mental seseorang, khususnya saat menghadapi situasi sulit dan kritis. Kecerdasan emosional dan mental inilah yang menentukan karakter seseorang. Karakter yang kuat dan tangguh, akan melihat kesulitan sebagai tantangan, lalu mengubahnya menjadi peluang untuk meraih kesuksesan.

Kaidah ini menjadi salah satu bagian dari kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Munashoroh Pandeglang, yang baru didirikan pada bulan Juli 2016 lalu. Melalui kerjasama dengan berbagai pihak di Kabupaten Pandeglang, Banten, MTs Munashoroh menyelenggarakan Kemah Tangguh bagi siswa/i MTs pada hari sabtu-ahad, 24-25 September 2016.

“Dengan kemah ini kami berharap siswa/i MTs memiliki mental dan karakter yang kuat, baik dalam menghadapi situasi sulit di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-harinya,” ujar Guru MTs Munashoroh Imat Hismatullah.

Ditambahkan Imat, bahwa pendidikan karakter bagi anak menjadi bagian yang sangat penting dan signifikan dalam membentuk kepribadian, sehingga kelak ketika ia dewasa, pola pikir dan cara pandangnya selalu menghadirkan aura positif. “Kita berharap anak-anak MTs tidak hanya cerdas dalam ilmu agama dan punya pengetahuan yang luas, tapi mereka juga harus memiliki mental yang kokoh,” jelasnya.

Pendidikan karakter yang didorong oleh MTs Munashoroh Pandeglang ini sejalan dengan program pemerintahan sekarang, dimana pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla menggulirkan program revolusi mental dalam membina karakter anak-anak dan remaja, hingga kaum dewasa. “Jangan sampai anak-anak punya mental pengemis, cepat menyerah dan takut kalah. Ini kita tempa sejak dini,” ungkap Imat.

MTs Munashoroh yang dikelola YMI (Yayasan Munashoroh Indonesia) ini meski baru berdiri, namun program dan aktifitasnya sudah diminati masyarakat, khususnya penduduk desa setempat. Visi dan Misi MTs ini adalah untuk menyekolahkan kembali anak-anak yang putus sekolah khususnya di pelosok desa terpencil. “Di Desa Kadupandak, Picung, yang jaraknya sangat jauh dari kota Pandeglang, kami dirikan Madrasah ini untuk menampung anak-anak yatim dan dhuafa. Semuanya gratis, tidak ada biaya SPP dan Uang Pendaftaran, bahkan seragam sekolah pun kami berikan cuma-cuma,” ujarnya.

“Insya Allah ini menjadi bagian dari kepedulian kami terhadap masa depan anak-anak Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di pelosok desa dan jarang mendapat perhatian pemerintah,” tandasnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh….. 
CP : 0838.0453.7995

0 Response to "Kemah MTs Munashoroh, Sarana Pendidikan Karakter Anak"

Post a Comment