Hujan Deras Tak Halangi Anak Asuh Pergi Mengaji



Semangat menuntut ilmu terus dipelihara anak-anak asuh binaan YMI Pandeglang. Demi murajaah (setoran hafalan Al-Qur’an) dan talaqi dengan guru-guru ngaji di TPA, anak-anak asuh tetap hadir meski kondisi hujan. “Ditambah kondisi tanah yang becek serta jarak yang jauh dari rumah tinggal, semangat anak-anak untuk belajar Islam tak luntur,” ujar Guru TPA YMI Mumun Munawaroh.

TPA Munashoroh yang dikelola YMI Pandeglang terletak di 3 kampung, yaitu kampung Cibagolo, kampung Pasir Peundey dan Desa Kadupandak. “Kita terus berupaya mendekatkan rumah tinggal anak asuh dengan tempat belajar ngajinya (dengan pembagian 3 TPA ini), Alhamdulillah dengan upaya itu anak-anak nambah semangat, karena kita buat juga suasana kompetisi diantara mereka, fastabiqul khairat,” ungkap Mumun.

Dalam program YMI Pandeglang, setiap sebulan sekali mereka (anak-anak asuh di 3 kampung tersebut) kumpul semua di kampung Cibagolo, untuk mutaba’ah (evaluasi) bulanan. “Saat mutaba’ah tersebut (termasuk setoran hafalan dan evaluasi bacaan Al-Qur’an), lalu kita bagikan santunan bulanan yang kami terima dari orang tua asuh mereka,” jelas Mumun.

YMI masuk ke pelosok desa di Pandeglang ini tahun 2010. Sejak saat itu, aktifitas mengaji begitu ramai, syiar Islam berkembang dan kegiatan keislaman makin marak. Pada tahun 2010 tersebut, hanya ada TPA di kampung Cibagolo yang didirikan YMI. Anak-anak yatim yang dikelola juga hanya berkisar 40-an anak. Tahun demi tahun YMI makin dipercaya masyarakat desa, sehingga bisa mengembangkan programnya hingga ke 3 kampung, dan mengelola lebih dari 68 anak asuh.

”Alhamdulillah anak-anak yang mau mengaji pun bertambah terus,” ujarnya.

Kini, di tahun 2016 ini, YMI telah mendirikan MTs Munashoroh yang gratis untuk anak-anak yatim dan dhuafa, khususnya mereka yang sudah terbina di TPA YMI. “Kita bahkan sekarang mentargetkan agar anak-anak asuh bisa kuliah dan jadi sarjana, belajar dan menuntut ke negeri yang jauh sekalipun, lalu kembalilah untuk membangun desa, sebagaimana visi dan misi YMI,” tandasnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Hujan Deras Tak Halangi Anak Asuh Pergi Mengaji"

Post a Comment