Gotong Royong Bangun Rumah Singgah Anak Yatim di Lampung



Gotong royong. Budaya ini nyaris hilang di tanah air. Di era tahun 1970-an hingga 1990-an, budaya gotong royong marak ditengah masyarakat, baik warga kota maupun penduduk desa. Bahkan, saat itu gotong royong disinyalir menjadi salah satu faktor pendongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa. 

Membersihkan selokan, hingga membangun jembatan dan MCK, telah menggerakan roda perekonomian hingga pelosok desa, infrastruktur pun tumbuh secara cepat dan massif. Coba kita tengok ke Negara lain, ternyata budaya ini sulit ditemukan.

Berbekal semangat untuk membangkitkan budaya yang hampir punah itu, YMI Lampung Selatan (Lamsel) berinisiatif mengajak masyarakat desa untuk menumbuhkan kembali semangat bergotong royong. “Prinsip gotong royong adalah kebersamaan, maka kita mengajak masyarakat bersama-sama membangun rumah singgah untuk anak-anak yatim dhuafa, agar kelak bangunan ini memberi manfaat untuk anak-anak dan warga sekitar,” ujar Ketua YMI Lamsel Iwan Ansori.

Gotong royong yang dilakukan sepanjang pekan terakhir Oktober 2016 ini, diikuti oleh pengurus YMI Lamsel, warga desa Branti Raya dan para donatur. “Semua bahu membahu dan terjun langsung, Alhamdulillah tak ada yang berpangku tangan,” ungkap Iwan.   

Iwan yang sehari-hari juga menjadi guru mengaji anak-anak desa ini menambahkan, bahwa bila bangunan rumah singgah anak yatim ini telah rampung, yang mendapatkan manfaat bukan hanya anak-anak yatim dan dhuafa saja, tapi seluruh masyarakat di desa ini juga akan menuai berkahnya. “Berkah dari memelihara dan menyantuni anak-anak yatim, dan mendapat kemuliaan dari doa yang dipanjatkan oleh anak-anak yatim, di dunia barokah, di akhirat mulia,” jelasnya.

Diketahui, YMI Lamsel telah membina lebih dari 100 anak yatim, piatu dan dhuafa di desa Branti Raya, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Hanya saja, anak-anak itu terpencar-pencar aktifitas mengaji dan belajar Islamnya, sehingga direncanakan akan dibuatkan satu bangunan khusus untuk pembinaan mereka. 

“Disini (di rumah singgah ini) nantinya anak-anak asuh YMI Lamsel itu akan kita berdayakan baik dari sisi aqidah keislamannya, maupun pelajaran-pelajaran umum, Insya Allah kita punya visi ingin mencetak generasi masa depan yang cerdas dan berakhlak mulia,” tandasnya. #
 
Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Gotong Royong Bangun Rumah Singgah Anak Yatim di Lampung"

Post a Comment