Gimana Rasanya Ikut Upacara Sumpah Pemuda di Pelosok Desa



Peristiwa sumpah pemuda perlu dijadikan momentum untuk mengingatkan masyarakat Indonesia khususnya pemuda dan anak-anak remaja agar mereka mengetahui begitu dasyhatnya perjuangan pemuda-pemudi Indonesia dalam menyatukan elemen bangsa dan merintis jalan menuju kemerdekaan. Bukan sekedar seremoni dan ritual tahunan yang menghabiskan biaya dan anggaran Negara yang besar, tapi harus menyematkan semangat sumpah pemuda dalam diri anak-anak bangsa.

“Tidak boleh jadi orang yang lupa sejarah, kita harus mengapresiasi para pendahulu kita yaitu anak-anak muda yang telah membawa Indonesia menuju pintu gerbang kemerdekaan,” ujar Ketua YMI Pandeglang Imat Hismatullah.

Hari ini, Jumat, 28 Oktober 2016, tepat 88 tahun sejak putra-putri bangsa Indonesia menyatukan visi perjuangan bangsa, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Pada hari ini pula, anak-anak murid MTs Munashoroh menyelenggarakan upacara sumpah pemuda di desa Kadupandak, Picung, Pandeglang, Banten. “Dengan penuh kesederhanaan, diatas tanah di ujung desa, kami optimalkan momentum sumpah pemuda untuk menumbuhkan semangat anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Imat.


Suasana peringatan sumpah pemuda di desa Kadupandak ini memang kontras dengan acara serupa yang diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain sebagainya. “Maklumlah di desa, di ujung pedalaman pula, yang memang jauh dari pusat pemerintahan daerah,” tambah Imat.

Meski demikian, tak ada rasa galau dan gelisah bagi anak-anak murid, bahkan senyum sumringah mereka mengambang setelah berhasil menyelesaikan satu per satu tugas yang diperankan selama upacara. “Silahkan lihat senyum mereka, tetap dan terus bahagia ditengah keterbatasan,” jelasnya.

Guru-guru MTs Munashoroh dan para pengurus YMI cabang Pandeglang pun turut menghadiri rangkaian upacara yang diselenggarakan di depan MTs yang gratis untuk anak-anak yatim dan dhuafa tersebut. “Mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan yang terpenting adalah menjadikan momentum ini untuk terus berkarya melanjutkan perjuangan pemuda-pemudi bangsa di masa lalu, Insya Allah kita bisa,” tandas Imat. #
  
Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Gimana Rasanya Ikut Upacara Sumpah Pemuda di Pelosok Desa"

Post a Comment