Gen Terbaik dari Orang Tua Terbaik

Suatu malam menjelang fajar, dalam inspeksi rutinnya, Khalifah Umar bin Khatab mendengar dialog menarik antara seorang ibu dengan anak gadisnya.

"Cepat bangun, Nak, perah susu kambing kita dan campurkan dengan air biasa sebelum orang bangun dan melihat kerja kita." Anak gadis yang diperintahkan sang ibu berkata,

"Bu, saya tidak berani, ada yang selalu melihat gerak-gerik kita," ujar si anak.

"Tidak ada orang yang mengintai kita, Nak," jawab Ibu.

"Ada Allah, Bu, yang tak pernah lepas mengintai kita," jawab anak.

Mendengar dialog tersebut, khalifah segera kembali dengan satu tekad yang akan dilaksanakannya esok, melamar sang gadis untuk puteranya, Ashim bin Umar. Kelak dari pernikahan inilah lahir seorang cucu yang bernama, Umar bin Abdul Aziz. Khalifah kelima yang masyhur namanya karena semua rakyatnya sejahtera.

Sifat jujur sang nenek mengalir kepada sang cucu, Umar bin Abdul Aziz. Lihat bagaimana sang khalifah menerapkan sifat mulia tersebut dalam segala aspek kehidupan.

Suatu malam, datanglah seorang pejabat suatu daerah menghadap Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan terjadilah dialog antara keduanya. Khalifah Umar menanyakan keadaan penduduk daerah tersebut, para pejabatnya, kaum fakir miskinnya, harga-harga, dan segala yang berhubungan dengan daerah yang didiami pejabat tersebut dan dijawab oleh utusan gubernur itu tanpa ada yang disembunyikan.

Selanjutnya, si pejabat ganti bertanya kepada Khalifah Umar, bagaimana keadaan Sang Khalifah dan keluarganya. Sebelum menjawab, Khalifah Umar menyuruh pelayannya untuk mengganti lampu yang digunakan sebagai penerang ruangan, dengan lampu lain yang nyalanya lebih kecil. Si pejabat daerah kebingungan terhadap sikap pemimpinnya itu.

Khalifah Umar pun menjelaskan bahwasanya, lampu kecil yang digunakannya itu adalah miliknya sendiri, sedangkan lampu besar yang baru saja dimatikan adalah milik kerajaan atau negara. Pertanyaan yang diajukan oleh si pejabat itu tidak ada kaitannya dengan urusan kenegaraan, maka Umar mematikan lampu negara dan menggantinya dengan lampu miliknya sendiri.

Subhanallah.. Kisah di atas hanya sebagian kecil dari sikap mulia yang dimiliki oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz, salah seorang pemimpin muslim. Kesederhanaan dan sikap kehati-hatinya, patut dijadikan teladan.#

0 Response to "Gen Terbaik dari Orang Tua Terbaik"

Post a Comment