Belajar Dari Nyamuk, Jangan Menganggap Remeh Hal Kecil



Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir berkata, "Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?" Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu kecuali orang-orang yang fasik. (QS Al Baqarah : 26)

Nyamuk adalah seekor hewan yang sebenarnya lemah, namun banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari nyamuk untuk memotivasi diri kita. Salah satu pelajaran yang bisa kita ambil dari nyamuk adalah jangan remehkan hal-hal kecil dalam hidup kita. Lihat saja nyamuk, walau dia makhluk yang kecil, namun efek yang ditimbulkan sangat luar biasa. Kita tidak bisa tidur karena gigitan dan suaranya yang mengganggu. Bahkan gigitannya bisa membuat manusia tertular penyakit tertentu, bahkan ada yang berujung pada kematian. Dalam hidup, hal-hal kecil bisa jadi akan memiliki arti yang besar. Oleh karenanya jangan pernah meremehkan hal-hal yang kecil.

Islam mengajarkan kita untuk tidak memandang remeh suatu kebaikan. Berapa banyak amal yang terlihat kecil namun ia menyebabakan pelakunya masuk surga. Banyak amalan-amalan (yang kita anggap) kecil namun bisa mendatangkan balasan yang sangat besar di sisi Allah. Berikut beberapa contohnya.

1. Senyum ketika bertemu sesama
    Dari Abu Dzar ra, berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu meremehkan perbuatan baik, meskipun kecil. Walaupun hanya sekedar bermuka yang manis saat berjumpa dengan saudaramu.” (HR Muslim)
    Rasulullah SAW bersabda, “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramal makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.” (HR Tirmizi dan Abu Dzar). 

Dalam hadis lain disebutkan bahwa senyum itu ibadah, “Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah.” (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Oleh karenanya, meskipun ringan senyum merupakan amal kebaikan yang tidak boleh diremehkan.

2. Kalimat yang paling disukai Allah SWT
    Berhubung dengan zikir, menurut catatan Imam Bukhari, nabi telah menyatakan, “Ada dua kalimat yang paling disukai Yang Maha Pengasih. Sangat mudah diucapkan tetapi sangat berat dalam timbangan. Kedua-dua kalimat itu adalah ’subhanallah wa bihamdihi’ dan ’subhanallah hil azim’.”

Kedua-dua kalimat ini membawa maksud ‘Maha suci Allah dan segala pujian kepadaNya’ dan ‘Maha suci Allah yang Maha Besar.’ Di dalam riwayat lain diceritakan, sesiapa yang membaca “subhanallah wabihamdihi” 100 kali sehari, maka semua doasanya diampunkan oleh Allah, meski pun sebanyak buih di lautan.

3. Memotong Dahan Pohon yang Mengganggu Jalan
    Dari Abu Dzar ra, dari Nabi SAW bersabda, “Sungguh aku melihat seseorang yang mendapat tempat yang sangat mulia di surga hanya lantaran dia pernah memotong dahan pohon di jalan yang mengganggu kaum muslimin.” (HR muslim)

4. Membersihkan Masjid
     Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya ada seorang wanita berkulit hitam (dalam riwayat lain; seorang pemuda) yang selalu membersihkan dan menyapu masjid. Suatu hari Nabi tak menjumpai orang ini. Saat beliau bertanya, ada yang berkata bahwa orang tersebut telah meninggal dunia. Lalu, Rasulullah SAW menegur para sahabat yang nampaknya menganggap kecil derajat orang ini, “Mengapa kalian tak mengabarkan padaku akan kematiannya. Beritahukan padaku diana kuburnya?” Lalu saat ditunjukkan, Baliau menshalatkan didekat kuburnya dan berkata, “Sesungguhnya kuburan ini kegelapan, lalu menjadi bercahaya dengan shalatku atasnya” (Muttafaq Alaih).

5. Memberi Minum Hewan yang Kehausan
     Sesungguhnya ada seorang laki-laki melihat seekor anjing yang menjilati tanah basah karena kehausan. Lalu ia membuka sepatu kulitnya kemudian menciduk air dan memberikannya kepada anjing tersebut hingga membuat perutnya kenyang. Maka Allah SWT mensyukuri  perbuatan laki-laki itu sehingga memasukkannya ke dalam syurga. (HR. Muslim).

Ayo.... Terus Berbuat Baik. #



0 Response to "Belajar Dari Nyamuk, Jangan Menganggap Remeh Hal Kecil"

Post a Comment