Akibat Diserbu Opini, Kerbau pun Mati



Seekor kerbau pulang kembali ke kandang sehabis bekerja di sawah. Kerbau rebahan dikandang dengan wajah lelah dan nafas yang berat. Kemudiaan datang seekor anjing, kerbau berkata, "Hai temanku, hari ini aku sungguh lelah, kalau boleh besok aku ingin istirahat sehari saja."

Lalu si anjing pergi dan ditengah jalan dia berjumpa dengan kucing yang sedang duduk di sudut tembok, kemudian anjing berkata, "Tadi saya bertemu dengan kerbau, ternyata dia besok ingin beristirahat dulu. Sudah sepantasnya dia istirahat sebab boss beri kerjaan terlalu berat."

Mendengar informasi dari anjing, si kucing lalu pergi dan bertemu kambing. Lalu kucing bercerita kepada kambing, "Tadi kerbau complain karena boss kasih kerjaan terlalu banyak dan terlalu berat, besok dia tidak mau kerja lagi." (Mari perhatikan kalimat-kalimatnya dengan seksama).

Kemudian si kambing pun bertemu ayam dan berkata, "Hai ayam, tadi kerbau tidak senang bekerja dengan boss lagi, mungkin dia ada pekerjaan yang lebih baik lagi." (Distorsi informasi terus berlanjut).

Sesaat kemudian si ayam pun berjumpa dengan monyet dan dia bercerita pula, "Kerbau tidak akan kerja lagi untuk boss dan ingin kerja ditempat yang lain."

Saat makan malam monyet bertemu boss, lalu berkata, "Boss, si kerbau akhir-akhir ini telah berubah sifatnya dan ingin meninggalkan boss untuk kerja di boss yang lain."

Mendengar ucapan si monyet, sang boss marah besar !!!

Tanpa bertanya terlebih dahulu dia lalu menyembelih si kerbau karena dinilai telah berkhianat kepadanya.

Padahal….. ucapan asli kerbau adalah, “SAYA LELAH DAN BESOK INGIN ISTIRAHAT SEHARI.”

Akibat miss informasi dan distorsi komunikasi, membuat opini yang berbeda dari kenyataan yang ada, kerugian diderita oleh banyak pihak. Boleh jadi ini sering terjadi ditengah kita. Akibatnya, informasi berubah, tanpa ada crosscheck (tabayun) lagi dari si penerima informasi. Hingga akhirnya informasi yang diterima sang boss menjadi, "Kerbau akhir-akhir ini telah berubah sifatnya dan ingin meninggalkan bossnya dan kerja pada boss yang lain."

Semoga kita semua terlindung dari bahaya opini yang seringkali berbelok, atau mungkin dibelokan dengan sengaja. #

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Di Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh…… CP : 0838.0453.7995 (WA)

0 Response to "Akibat Diserbu Opini, Kerbau pun Mati"

Post a Comment