Suasana Syahdu Iringi Acara Demi Acara Penyembelihan Qurban YMI Lamsel



“Alhamdulillah semua berjalan lancar, semoga berkah untuk semuanya, khususnya pengurus YMI Lampung Selatan (Lamsel).” Demikian isi pesan salah satu pequrban dalam postingan WhatsApp yang diterima pengurus YMI Lamsel. Suasana syahdu menggelayuti seluruh rangkaian acara pemotongan dan pembagian qurban yang diselenggarakan YMI Lamsel bersama seluruh donatur, tokoh masyarakat, anak-anak asuh binaan YMI dan warga desa.

Diawali dengan rapat persiapan yang diikuti seluruh panitia, ada doa dan tausiyah untuk meluruskan niat sebagai panitia qurban, serta kesiapan teknis dan koordinasi yang dirancang dengan teratur. “Insya Allah seluruh aktifitas kita atur sebagaimana kaidah Well Organized (Organisasi yang baik),” tutur Ketua YMI Lamsel Iwan Ansori dalam tausiyahnya sekaligus membuka acara penyembelihan hewan qurban pada hari Selasa, 13 September 2016.

Selain mengorganisasi kepanitiaan qurban, Iwan juga bertindak sebagai algojo hewan qurban baik kambing maupun sapi. “Kaidah syariah dan aturan Sunnah Rasulullah SAW dalam menyembelih harus kita jalankan, agar ibadah qurban kita diterima Allah SWT dan memberi manfaat sebagaimana tujuan dan makna qurban,” jelas Iwan.

Kaidah yang dimaksud adalah doa dan ucapan basmallah sebelum menyembelih, menghadap kiblat, pengecekan fisik hewan qurban, memastikan hewan qurban mati disembelih sebelum dikuliti, serta pembagian daging qurban sesuai hak nya. “Sayang sekali bila kita sudah mengeluarkan sumber daya dan dana yang besar, serta sudah menyisihkan waktu, namun ibadah tidak diterima karena tidak sesuai kaidah sunnah dan aturan syariah. Maka kita panitia berkewajiban untuk mengawal agar proses penyembelihan hingga pendistribusian berjalan sesuai kaidah tersebut,” ujarnya.

Setelah selesai rapat persiapan dan pengarahan, lalu proses penyembelihan dan pengulitan juga telah sempurna dilaksanakan, tibalah saatnya untuk pendistribusian. Acara pendistribusian dihadiri dan disaksikan oleh para pequrban, donatur YMI Lamsel, anak-anak asuh didampingi ibunya dan tokoh desa setempat. Didahului seremoni dan arahan dari Kepala Desa Branti Raya serta beberapa tokoh setempat, lalu hadirin bersama-sama menyanyikan Hymne Munashoroh yang dipandu anak asuh YMI Lamsel Mayang dan Yuni. Saat menyanyikan Hymne ini, Pak Kades pun ikut meneteskan air mata. “Suasana syahdu yang menyelimuti rangkaian acara pendistribusian qurban ini, semoga menambah berkah bagi seluruh aktifitas kita,” pungkasnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa
CP : 0838.0453.7995

0 Response to "Suasana Syahdu Iringi Acara Demi Acara Penyembelihan Qurban YMI Lamsel"

Post a Comment