Sambut Idul Adha, Cabang-Cabang YMI Siap Selenggarakan Penyembelihan Hewan Qurban

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari senin (besok) 12 September 2013 telah disambut dengan berbagai persiapan, mulai dari pelaksanaan shalat Idul Adha hingga penyembelihan hewan qurban. Gaung persiapan menyambut hari raya qurban begitu terasa ditengah masyarakat Indonesia. Hanya saja pertanyaannya, apakah gegap gempita ini merata di seluruh pelosok tanah air.

Big Question inilah yang coba dijawab oleh YMI, dimana sejak 6 tahun terakhir YMI masuk ke pelosok desa di Sumatera dan Jawa, dalam program Qurban di Pelosok Desa. Hal ini mengingat ketika di kota, masyarakat dengan mudahnya mendapatkan daging qurban saat hari raya Idul Adha, bahkan seringkali terlihat adanya penumpukan daging qurban yang berlebihan. Namun sebaliknya di pelosok desa, mereka sulit sekali memperoleh daging qurban karena minimnya orang yang berqurban.

“Setelah melakukan serangkaian persiapan sekitar sebulan, Insya Allah desa-desa binaan YMI dari Lampung hingga Jawa Tengah telah menyatakan siap menyambut hari raya dan menyembelih hewan qurban,” ujar Ketua Umum YMI Adhi Azfar.

Kehadiran YMI di pelosok desa telah menggairahkan aktifitas penduduk desa khususnya saat hari raya qurban. Ada desa (sekarang jadi desa binaan YMI) yang dalam beberapa tahun sama sekali tak ada penduduknya yang berqurban. Misalnya di salah satu kampung di desa Negeri Agung, Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur, disini pada tahun 2012 tak ada yang berqurban. Di desa ini, YMI masuk tahun 2013. Pada tahun 2013 Alhamdulillah dapat 3 ekor kambing qurban, lalu tahun 2014 ada 2 ekor kambing qurban. Contoh lain adalah desa Nyamplung Sari, Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, disini pada tahun 2012 tak ada yang berqurban, tahun 2013 ada 2 ekor kambing qurban, dan tahun 2014 ada 1 ekor kambing qurban untuk dibagikan kepada lebih dari 155 Kepala Keluarga.

Tahun 2016 ini, Alhamdulillah di YMI cabang Lampung Timur dapat 2 ekor kambing qurban dari YMI Pusat, sedangkan YMI Pemalang akan menyembelih 4 ekor kambing di desa Nyamplung Sari.
Desa-desa binaan YMI lainnya pun akan menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban. Ketua YMI Lampung Selatan Iwan Ansori siap menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing qurban untuk anak-anak asuh YMI Lamsel dan warga sekitar. Sedangkan di Pandegang, YMI Pandeglang akan menyembelih kerbau, “Hingga H-1 ini, YMI Pandeglang sudah dapat 1 ekor kerbau dan 1 ekor kambing qurban,” ujar Ketua YMI Pandeglang Imat Hismatullah.
Di Bekasi, yang mengelola kurang lebih 4 desa binaan di daerah Babelan juga sudah siap menyembelih hewan qurban. “Tahun ini Insya Allah ada 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang akan dipotong di Panti Asuhan YMI bersama anak asuh dan penduduk desa,” jelas Ketua YMI Bekasi Sujiyanto.
Demikian juga di desa-desa binaan YMI lainnya, YMI Sukabumi, YMI Cirebon dan cabang lainnya, Alhamdulillah berkah dari Allah SWT akan ikhtiar dan kerja keras pengurus, semuanya siap berhari raya dan menyembelih hewan qurban.#
Bersama YMI, Berqurban Hingga Pelosok Desa

0 Response to "Sambut Idul Adha, Cabang-Cabang YMI Siap Selenggarakan Penyembelihan Hewan Qurban"

Post a Comment