Galery Foto Qurban YMI Bekasi, Serasa Qurban di Palestina dan Somalia



Coba lihat foto ini. Kalau tidak ada tulisan kata-kata yang menyertainya atau gambar anak laki-laki yang berwajah Asia (disebelah kanan bawah), rasanya kita bisa saja percaya bahwa foto tersebut menceritakan kejadian di daerah perang atau wilayah miskin, sebut saja misalnya Palestina atau Somalia.

Bangunan yang hampir hancur, tembok yang bolong dan rapuh, lalu ada anak-anak yang bermain diantara reruntuhan tembok bangunan, lalu terlihat beberapa ekor sapi dari balik tembok, seakan-akan kita sedang melihat foto dokumentasi yang menggambarkan kegiatan qurban di Negeri yang dilanda peperangan dan kemiskinan yang absolut.

Bila ditanya apakah ini qurban di daerah yang miskin, jawabannya tentu Iya. Tapi bukan di Somalia, bukan pula di Palestina, atau di Afrika. Itu kegiatan qurban di Indonesia. Tepatnya di desa Kedungpengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. YMI Cabang Bekasi mengadakan penyembelihan hewan qurban bersama anak-anak asuh disana, di desa yang sudah dibina YMI Bekasi sejak tahun 2010.

“Alhamdulillah YMI Bekasi konsisten dengan program-programnya dalam memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin, diantaranya program qurban di pelosok desa ini,” ujar Sekretaris YMI Bekasi Edi Suhandi.

Desa Kedungpengawas dan desa-desa sekitarnya di Babelan dipilih menjadi desa binaan YMI Bekasi karena ada kemauan kuat dari warga desanya (baik pemudanya, orang tua dan anak-anaknya) untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. “Jadi tidak hanya dengan kriteria desa miskin, atau desa yang dipelosok saja yang dijadikan desa binaan, harus ada tekad kuat dari penduduk desa untuk mau berkoordinasi dengan kami, rela berkorban dan keinginan untuk keluar dari kemiskinan,” jelas Edi.

Selama kurang lebih 6 tahun memberdayakan anak-anak yatim dhuafa di Desa ini, aktifitas YMI Bekasi terus mengalami peningkatan baik dari sisi jumlah anak asuh maupun kualitas program-programnya. Dulu ketika pertama kali masuk ke desa ini, anak asuh yang dibina hanya sekitar 16 anak. Setiap tahun bertambah. “Sekarang tahun 2016 ada 58 anak yatim dhuafa yang dibina di panti yang dikelola YMI Bekasi,” ujarnya.

Programnya juga terus berinovasi, mulai dari program belajar anak asuh, mengaji, qurban dan aqiqah untuk menambah gizi anak-anak, hingga ternak kambing (mulai dari 1 ekor sekarang sudah beranak hingga 6 ekor). “Intinya semua adalah program pemberdayaan, baik untuk anak-anak yatim maupun ibunya, sebagaimana prinsip YMI yaitu Memberdayakan Bukan Hanya Menyantuni,” tandasnya.

Bersama YMI
Menyekolahkan Anak Yatim Hingga Pelosok Desa
Ayo Jadi Orang Tua Asuh….. CP : 0838.0453.7995

0 Response to "Galery Foto Qurban YMI Bekasi, Serasa Qurban di Palestina dan Somalia"

Post a Comment